PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SEKADAU HILIR PADA MATERI TEKS INTERAKSI INTERPERSONAL PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas selama dua siklus yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023 adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Sekadau Hilir dalam mempelajari materi Teks Interaksi Interpersonal pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui Media Audio Visual. Subjek penelitian berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian pada siklus I adalah kemampuan siswa dalam aspek tujuan komukatif memperolehan skor rata–rata 4 yang berarti siswa sangat memahami materi pelajaran sedangkan pada aspek keruntutan teks siswa memperoleh skor rata–rata 3 yang berarti siswa mampu menyusun struktur teks sangat runtut. Pada siklus II kemampuan siswa pada aspek pilihan kosa kata memperoleh skor rata–rata 3 yang berarti siswa dapat memilih kosa kata sangat variatif dan tepat sedangkan pada aspek pilihan tata bahasa siswa memperoleh skor rata–rata 4 yang berarti siswa dapat menyusun tata bahasa secara variatif dan tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hernawati, Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Vo. 6(2). Halaman: 118–131.
Nasution, S. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arif S., dkk. (2002). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Sayaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widayati, Ani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 6(1). Halaman: 87–93.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id