PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SEKADAU HILIR PADA MATERI TEKS INTERAKSI INTERPERSONAL PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Halimahwati Halimahwati

Abstract


Tujuan dari penelitian tindakan kelas selama dua siklus yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023 adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Sekadau Hilir dalam mempelajari materi Teks Interaksi Interpersonal pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui Media Audio Visual. Subjek penelitian berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian pada siklus I adalah kemampuan siswa dalam aspek tujuan komukatif memperolehan skor rata–rata 4 yang berarti siswa sangat memahami materi pelajaran sedangkan pada aspek keruntutan teks siswa memperoleh skor rata–rata 3 yang berarti siswa mampu menyusun struktur teks sangat runtut. Pada siklus II kemampuan siswa pada aspek pilihan kosa kata memperoleh skor rata–rata 3 yang berarti siswa dapat memilih kosa kata sangat variatif dan tepat sedangkan pada aspek pilihan tata bahasa siswa memperoleh skor rata–rata 4 yang berarti siswa dapat menyusun tata bahasa secara variatif dan tepat.


Keywords


Hasil belajar dan media audio visual

Full Text:

PDF

References


Hernawati, Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Vo. 6(2). Halaman: 118–131.

Nasution, S. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, Arif S., dkk. (2002). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Sayaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widayati, Ani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 6(1). Halaman: 87–93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats