IMPLEMENTASI E-LEARNING (WORDWALL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS XII MIPA 2 DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Peneliti menggunakan metode studi kepustakaan pada penelitian kali ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penggunaan media yang digunakan sebagai pemberian tugas atau soal ujian biasanya menggunakan media seperti Whatsapp, Google Form, dan Power Point belum mampu merangsang minat belajar peserta didik. Dalam meningkatkan keaktifan belajar dan merangsang minat belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran Wordwall sebagai media game edukasi seperti kuis, matchmaking, pairing, anagram, pengacakan kata, pencarian kata dan pengelompokan. Penilitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XII MIPA 2 di SMAN 3 Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, Wordwall terbukti dapat meningkatkan keaktifan peserta didik XII MIPA 2 saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan aplikasi wordwall dengan tampilan yang menarik dapat membantu guru mempermudah menyampaikan materi serta mampu menumbuhkan motivasi, keaktifan, dan semangat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 1(1), 39–40.
Moelong, Lexy. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1).
Sentani, A. D. (2022). Implementasi Game Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 4(1), 3.
Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Gramedia Pustaka Jaya.
Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Prospect.
Utami, A. D. D. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall Dalam Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).
Winarti. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2).
Yamin, M. dan Ansar, B. I. (2009). Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Perss.
Refbacks
- There are currently no refbacks.