PEMBELAJARAN EFEKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI FPB DAN KPK

Delta Ramawati, Putri Zudhah Ferryka, Titin Sulistyowati, Bagas Oktobera Sanyata

Abstract


Matematika menjadi mata pelajaran yang menakutkan dan kurang menyenangkan bagi anak sekolah dasar, maka dari itu tujuan artikel ini adalah membantu guru menemukan solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi FPB dan KPK dalam mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Keaktifan siswa pada materi FPB dan KPK dalam mata pelajaran matematika sangat berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Dengan menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan hasil pembelajaran siswa, dan meningkatkan keterampilan berkarya siswa serta dapat menambah ketertarikan siswa pada materi FPB dan KPK. Model pembelajaran ini juga menuntut guru agar lebih produktif dalam merencanakan proyek yang akan ditujukan ke siswa. PjBL (Project Based Learning) dapat mengurangi ketakutan siswa terhadap mata pelajaran matematika dan membuat pembelajaran tersebut menjadi lebih menyenangkan sehingga materi yang dijelaskan oleh guru akan mudah dipahami oleh siswa serta pembelajaran yang di ikuti akan lebih efektif.

 


Keywords


Pembelajaran efektif, PjBL, dan matematika

Full Text:

PDF

References


Afriana, Jaka. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.

Laia, Hastri. (2021). Lagu FPB dan KPK. https://youtu.be/q6umGa_3nSU.

Mahmud, Nurhamsah dan Muhammad, Ikmal. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SD Cokrominoto 01 Manado. Edukasi: Jurnal Pendidikan. Vol.15(2). Halaman: 190–197.

Mamikos. (2022). 8 Contoh Soal Cerita KPK dan FPB dan Jawabannya Lengkap. https://mamikos.com/info/contoh-soal-cerita-kpk-dan-fpb-pljr/. Diambil pada 9 mei 2023 pukul 14.00.

Mirzaqon T., Abdi dan Purwoko, Budi. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Vol 8(1). Halaman: 1–8.

Septiyana, Dwi., dkk. (2018). Penggunaan Alat Peraga Dakota Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar FPB dan KPK Pada Siswa Kelas IV SD. Ekuivalen: Pendidikan Matematika. Vol. 33(1). Halaman: 7–12.

Setyosari, Punaji. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Trianingsih, Rima. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol. 3(2). Halaman: 197-211.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.