PENERAPAN KONSEP DAN PRINSIP MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rahmah Rahmah

Abstract


Tujuan penelitian yang ditetapkan adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika khususnya tentang bangun-bangun datar melalui penerapan konsep dan prinsip model pembelajaran Discovery Learning pada peserta didik Kelas 9D di SMP Negeri 2 Leces Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengkolaborasikan antara peneliti dengan observer untuk melakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi pasca Tindakan yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada akhir penelitian disimpulkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai yakni telah meningkatnya aktivitas dan hasil belajar tentang Bangun-Bangun Datar melalui penerapan konsep dan prinsip model pembelajaran Discovery Learning. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan sebesar 16,67% pada aktivitas belajar dan 9,26% untuk aktivitas peserta didik. Sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 26,63%. Pada indikator keberhasilan penelitian untuk aspek kognitif /psikomotorik telah mencapai minimal 70% peserta didik yang telah mencapai KKM sebesar ≥70, sedangkan pada aspek sikap telah tercapai minimal 70% dari hasil pengamatan aktivitas belajar guru dan peserta didik

Keywords


Konsep dan Prinsip Discovery Learning; Matematika.

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Hanafiah, N. dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung:Refika Aditama.

Kusumah, W. & Dedi. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Malik. (2001). Pengertian Discovery Learning. Bandung: Citra Aditya

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.

Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.