PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOLOGI

Adinda Nora Wigdiyanti, Toni Gigih Pradono Ali

Abstract


Mata pelajaran IPA berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Di sisi lain kurikulum Sekolah Merdeka menyarankan implementasi PjBL untuk membelajarkan siswa dalam memecahkan masalah dunia nyata. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menggambarkan potensi PjBL untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi Ekosistem. Siswa mengerjakan lembar kerja berbasis sintaks PjBL, dilanjutkan mengerjakan soal berbasis pemecahan masalah menggunakan kuis interaktif (Quiziz). Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan terdapat peningkatan keterlaksanaan pembelajaran siklus I 72,5% (cukup) siklus II 87,5% (baik). Peningkatan keterampilan memecahkan masalah berdasar pengerjaan lembar kerja siklus I 72% (cukup) siklus II 92% (baik).

 

 


Keywords


Project Based Learning; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Ali, Toni Gigih Pradono. (2020). Implementasi Budaya Literasi Dengan Jurnal Belajar IPA untuk Meningkatkan Literasi IPA dan Tugas Proyek Siswa Kelas VII.3. SMPN 3 Probolinggo. PTK Tidak Diterbitkan. Probolinggo: SMPN 3 Probolinggo.

Damopolii, I., dkk. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika, Vol. 6 No.1. Halaman: 22–30.

Juliyanto, E. (2017). Model Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Kompetensi Menyelesaikan Masalah. Indonesian Journal of Science and Education. Vol. 1 No. 1. Halaman: 36–42.

Kristanti,Y.D, Subiki, Handayani.R.D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 5, Nomor 2. Jawa Timur:Universitas Jember.

Oktavian, Catur Nurrochman dan Enok Maryani. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kepedulian Peserta Didik terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 15 No. 2. Halaman: 15 – 30.

Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Suciati, dkk. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukardiyono dan Yeni Ristya Wardani. (2013). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kerja Labolatorium dengan Pendekatan Science Process Skills untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika dan sains. Vol. I, No. 2. Halaman: 185-195.

The George Locas Educational. (2005). Project Based Learning. Retrieved from http://www.edutopia.org.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zulfiani, dkk. (2016). Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah. Cakrawala Pendidikan, Vol. XXXV, No. 2. Halaman: 273–283.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats