PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA

Wahyuni Wahyuni

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inquiry Learning pada peserta didik kelas VIIIC di SMP Negeri 2 Leces. Setelah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi maka penelitian ini mendapatkan keberhasilan. Hal tersebut tampak dari aspek pengamatan pada proses pembelajaran yang dilakukan guru serta peserta didik yang menunjukkan peningkatan mulai dari Siklus I hingga II. Aspek yang diamati pada proses pembelajaran menunjukkan skor 100% sejak pertemuan pertama hingga keenam. Sedangkan pada hasil belajar dalam penerapan model Inquiry Learning telah menunjukkan peningkatan rerata skor tes akhir pada Siklus I sebesar 74,80 menjadi 93,29 pada Siklus II. Persentase ketuntasan yang telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan penelitian tercapai pada Siklus II sebesar 100%. Deskripsi tentang proses dan hasil belajar telah sesuai dengan landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Salah satu teori tentang Inquiry Learning mengatakan bahwa proses pembelajaran penemuan mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui Langkah-langkah yang procedural berpikir ilmiah berbasis pada ide atau gagasan dari peserta didik. Secara proses maupun hasil belajar, penerapan model pembelajaran Inquiry Learning pada peserta didik kelas VIIIC dinyatakan berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

 

 


Keywords


Inquiry Learning; Teks Berita

Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Model dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bafadal, Ibrahim. (2005). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Kerangka, Anajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara,

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Jogiyanto, (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Rooijakkers. (1991). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Grasindo.

Rustaman. (2001). Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Bandung: Depdiknas.

Sutman Frank X., Schmuckler, Woodfield J.D. (2008). The Science Quest Using Inquiry/Discovery to Enhance Student Learning, Grades 7-12. San Fransisco: Jossey-Bass

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Winkel, W.S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats