STUDI PENDAHULUAN TERKAIT PERSPEKTIF PELAKSANAAN KEGIATAN P5 PADA SISWA KELAS X SMAN 3 SIDOARDJO

Deni Ainur Rokhim, Jacky Anggara Nenohai, Nur Indah Agustina, Hayuni Retno Widarti

Abstract


Studi pendahuluan dalam pelaksanaan kegiatan P5 di SMAN 3 Sidoardjo bertujuan untuk mengetahui persepktif siswa dalam menanggapi pelaksanaan P5 yang telah dilakukan sehingga membantu guru dalam mengevaluasi dan menganalisis permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat menghasilkan solusi yang terbaik bagi siswa kedepan. Responen yang dilibatkan yaitu siswa kelas X SMAN 3 Sidoardjo sebanyak 315 orang, Teknik penentuan responen yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis prespektif siswa ini menggunakan instrument berupa angket berbasis google form secara online yang disebarkan pada Mei 2023. Hasil pelaksanaan P5 ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa dapat melaksanakan kegiatan ini, akan tetapi ada juga persepektif siswa yang positif dan negatif akan kegiatan tersebut. Siswa ada yang setuju akan pelaksanaan P5 ini karena membuat siswa nyaman dalam pembelajaran serta dapat dilakukan secara mandiri dan kolaboratif, tetapi adapun yang kurang setuju pelaksanaan P5 ini karena tidak suka dalam pembelajaran P5, belum sesuai dengan harapan siswa dalam pembelajaran, serta fasiltas dan finansial yang belum memadai berdasarkan proyek yang siswa lakukan. Berdasarkan perspektif yang diperoleh, maka guru harus memberikan arahan dan bimbingan berkaitan projek kegiatan ini sesuai keinginan siswa sehingga tingkat percaya diri siswa dapat bertumbuh dalam berkarya dan meningkatnya potensi diri dan minat bakat siswa.

 

 


Keywords


Persepktif Siswa, Pelaksanaan Kegiatan P5

Full Text:

PDF

References


Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22-32.

Keraro, F. N., Wachanga, S. W., & Orora, W. (2007). Ef-fects of Cooperative Concept Mapping Teach-ing Approach on Secondary School Students Motivation in Biology, Gucha District, Kenya. International Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 5: 111-124.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687-706.

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis kebutuhan pembelajaran berbasis ICT. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 28-32.

Nenohai, A. Jacky, et.al., (2023). Analysis of the Needs of Teachers of SMAN 3 Sidoardjo in the Creation and Use of Learning Media. Journal of Educational Technology Innovation.

Qomariyah, R. S., Hasanah, P. S. N., & Putri, T. F. (2022). Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1(2), 185-190.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Robi, M., & Khabibah, T. (2023). Implementasi pendidikan karakter mandiri dalam P5 Gaya Hidup Berkelajutan kelas X di SMA Negeri 1 Parung. LOGOS Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(02), 30-34.

Septiani, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421-435.

Tasiwan. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Be-lajar Siswa melalui Pendekatan Peta Konsep Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan IPA Indone-sia. Vol. 2 (1): 20–25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats