PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA NARRATIVE TEXT PADA SISWA KELAS VIII SMP MELALUI STRATEGI KWL BERTEMA ETNOGRAFI SEJARAH KOTA PROBOLINGGO

Nailul Mazidah Ahmad Mazidah Ahmad

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMPN 7 Probolinggo. Subyek penelitian siswa kelas VII G berjumlah 28 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar membaca narrative text melalui strategi KWL (know, want to know, learned) bertema etnografi sejarah kota probolinggo pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Probolinggo tahun pelajaran 2022-2023. Hasil penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran KWL (know, want to know, learned) bertema etnografi sejarah kota probolinggo dapat menyebabkan: (1)siswa lebih aktif dan antusias selama pembelajran dilakukan; (2)siswa menunjukkan respon positif pada kegiatan pebelajaran; (3)interaksi sosial antar siswa dan siswa, serta siswa dan guru meningkat; (4)pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 88%, sehingga target ketuntasan telah tercapai. Karena itu, penelitian tidak dilanjutkan ke siklus III; (5)hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 28% pada siklus I, dan kenaikan 10% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulannya adalah bahwa penerapan model pembelajaran KWL (know, want to know, learned) dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks pidato siswa kelas VIII G tahun pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 7 Probolinggo.

 

 


Keywords


Hasil belajar, membaca, KWL

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdiknas

Hurst, E. (2011). Academic Literacy Workshops: A Handbook for Students and Instructors. University of Cape Town. https://open.uct.ac.za/bitstream/handle/11427/2400/Academic_Literacy.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Ogle, D.M. (1986). “K-W-L: A Teaching Model that Develops Active Reading of Expository Text”. The Reading Teacher.39, (6), 564-570.

Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Edisi Kedua), Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana. (2012). Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sukidin, dkk. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Yuliantari T., dkk. (2017). “Pengaruh Penggunaan Strategi Kwl (Know, Want, Andlearn) Terhadap Minat Membaca Dan Kemampuanefektif Membaca Siswa Kelas Iv Di Gugus Viii Kecamatansawan”. 2,(1),108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats

akun togel

22crown login slot