PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD PADA PELAJARAN PKN MATERI MENGENAL ATURAN YANG BERLAKU DI MASYARAKAT MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 03 Tinting Boyok pada materi Mengenal Aturan Yang Berlaku di Masyarakat mata pelajaran PKn melalui metode kerja kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 24 orang dengan indikator keberhasilan tindakan apabila secara individu memperoleh nilai minimal 70,00 sedangkan secara klasikal apabila siswa yang tuntas mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai pada Pra Siklus sebesar 1.475 dengan rata-rata kelas 61.46; pada Siklus I sebesar 1.715 dengan rata-rata 71.46; pada Siklus II sebesar 1.960 dengan rata-rata 81.67. Peserta didik yang tuntas belajarnya pada Pra Siklus sebesar 50%, pada Siklus I sebesar 70,83%, dan pada Siklus II sebesar 91,66%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamaroh, Syaiful Bahri. (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensind.
Murwanti dan Yuwono, Teguh. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Kelas 3 SD/MI. Jakarta: Swadaya Murni.
Nasution, Noehi. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan UT.
Saputra, Lukman Surya., dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Shudur, Mishbahush. (2019). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Sumbula. Vol. 4(2). Halaman: 328 – 346.
Wibawa, Sutrisna. (2003). Penelitian Tindakan Kelas: Bahan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah/ Jawa. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Yusuf. (2021). Kerja Kelompok, Manfaat, Maksud, dan Metodenya. https://edumasterprivat.com/kerja-kelompok-manfaat-maksud-dan-metodenya/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id