BREAKING NEWS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS V SDN KADEMANGAN 2 KOTA PROBOLINGGO

Nur Munifah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SDN Kademangan 2 Kota Probolinggo pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif melalui data hasil ulangan harian selama 2 siklus. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan bahwa pengamatan berita di acara televisi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam menulis berita. Hal ini terbukti dengan nilai belajar siswa yang semakin meningkat dari Siklus I dan Siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 17 orang atau 60% sedangkan pada Siklus II siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 24 orang atau 86%.


Keywords


Breaking News; mendengarkan berita; menulis berita

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi., dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Darsono, Max, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Nurgiyanto, Burhan. (2001). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogjakarta: BPFE.

Syahrul, Muh. (2016). Wawasan Pendididkan. (http://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/media-gambar-pengertian-dan-fungsi.html )

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyudi, Tri. (2014). Pengertian, Fungsi dan Tujuan Menulis. (http://weachyudhiepunya.blogspot.co.id/2014/06/pengertian -fungsi-dan -tujuan-menulis.html). Diakses pada pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 18.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats