PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMPN1 SEKADAU HILIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOEPRATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI PELAJARAN MATEMATIKA

Tati Repliati

Abstract


Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F di SMPN 1 Sekadau Hilir melalui penerapan Model Pembelajaran Kooepratif Tipe ThinkPairShare pada materi Relasi dan Fungsi pelajaran Matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa ada peningkatan yang sidnifikan. Nilai tertinggi capaian belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 70 dengan jumlah skor 1.985 dan rata–ratanya 56,71; pada Siklus I sebesar 85 dengan jumlah skor 2.365 dan rata–ratanya 67,57; pada Siklus II sebesar 95 dengan jumlah skor 2.715 dan rata–ratanya 77,57. Siswa yang tuntas belajarnya pada Pra Siklus sebnyak 11 orang atau 31,43%; pada Siklus I sebanyak 22 orang atau 62,86%; dan pada Siklus II sebanyak 31 orang atau 88,57%.

 

 


Keywords


Model Pembelajaran Kooepratif; Tipe Think–Pair–Share; ketuntasan belajar.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Astuti, Tri Marhaeni Pudji. (2020). Membumikan Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Mimbar.

Cahyaningtyas, Rizky. dan Tuharto. (2017). Keefektifan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik di MAN Yogyakarta 2 Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6(2). Halaman: 10–20.

Eryanti, Ika. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 1(2). Halaman: 45 – 58.

Kristyasari, Marantika Lia. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dan TPS (Think Pair Share) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 4(3). Halaman: 31–38.

Munandar, Utami. (1992). Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolahan. Jakarta: Gramedia.

Siswoyo, Tatag Yulio Eko. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mealui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol. 10(1). Halaman: 1–10.

Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Alih Bahasa: Narulita Yusron. Bandung: Nusamedia.

Sudarmanto. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Synrise.

Suherman, Erman. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats