MEMBUMIKAN JUMPA BERSEHATI DI SMP NEGERI 4 KOTA PROBOLINGGO UNTUK IMPLENTASIKAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)

Suharna Suharna

Abstract


Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui pentingnya penerapan pendidikan karakter dan implementasi nilai-nilai karakter di SMP Negeri 4 Kota Probolinggo. Hasil kajian menunjukkan bahwa pentingnya penerapan pendidikan karakter di sekolah dengan menerapkan nilai-nilai utama karakter diantaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas melalui pembiasaaan dan keteladanan guru dengan harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga diharapkan menjadi program yang harus diterapkan pada kegiatan-kegiatan  sekolah dalam menumbuhkan nilai-nilai kebaikan bagi siwa dan hasil kajian juga menunjukkan tentang implemementasi nilai-nilai karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan Jum’at bersehati. Sehingga mampu menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas akademik namun menciptakan insan yang berkarakter sebagai hasil dari penerapan karakter berbasiskelas.

 

 


Keywords


Jumpa bersehati; nilai-nilai karakter.

Full Text:

PDF

References


Engkoswara dan Komariah, Aan. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter. Menjawab Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siwa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (16), hml.233-343.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan, 1, (1), hlm.348-352.

Suradi. (2017). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Jurnal Riset dan konseptual. Vol. 2(4). Halaman: 522-533.

Usman, H. (2014). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats