UPAYA MENGGAIRAHKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 7 KOTA PROBOLINGGO MELALUI KREASI POJOK BACA

Ucik Suharmiati, Sudarmanto Sudarmanto

Abstract


Praktik baik (best practice) ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Probolinggo pada tahun 2022 dengan tujuan untuk memberikan kontribusi ilmiah dalam pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri Kota Probolinggo melalui Pojok Baca. Upaya menggairahkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui  Pojok Baca di SMP Negeri 7 Kota Probolinggo ini berjalan dengan baik sesuai dengan perencaaan. Hal penting yang dihasilkan dari pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini adalah setiap kelas (dari 21 kelas) memiliki Pojok Baca yang didesain semenarik mungkin dan diisi dengan buku yang familiar dengan peserta didik. Pojok Baca setiap kelas menampilkansecara apik hasil kreasi dan inovasi masing-masing kelas serta menunjukkan terciptanya literasi berbasis kelas

Keywords


Gerakan Literasi Sekolah; Pojok Baca; minat baca

Full Text:

PDF

References


Antoro, Billy. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astuti, Tri Marhaeni Pudji. 2019. Konsep Dan Contoh Best Practice Bagi Guru. Makalah Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah dan Pengawas Sekolah / Madrasah.

Faizah, Dewi Utama., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jariah, Siti. dan Marjani. (2019). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019. Halaman: 846 – 856.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah.

Kisyani dan Laksono. (2018). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Satgas GLS Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mansyur, Umar. (2019). Gempusta (Gerakan Gemar ke Perpustakaan): Upaya Meningkatkan Minat Baca. Disajikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia II (Narasi II) Himaprodi FBS UNM 2019. Tanggal 16–17 November 2019, Menara Phinisi UNM Makassar.

Nugroho, Alfian Handina., dkk. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, Vol. V(2). Halaman: 107–206.

Permatasari, Anggraeni Dian. (2022). Peningkatan Literasi Indonesia Melalui Buku Elektronik. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10(2). Halaman: 261–282.

Ramandanu, Febriana. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 24(1). Halaman: 10–19.

Sugitono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukartiningsih, Wahyu. (2018). Penyusunan Artikel Ilmiah Best Practice. 2008. Makalah Pelatihan Artikel di Best Practice Bagi Tenaga Pendidik di Kota Probolinggo. Tanggal 17 November 2018.

Suyanto, Joko. (2010). Gender dan Sosialisasi. Jakarta: Nobel Edumedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats