LITERATION CULTURE OF STUDENT LITERATURE IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati,T., Yunansah, H. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan
Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Adji, M. 2016. Peran Sastra Popular dalam Meningkatkan Budaya Literasi di Indonesia.
Prosiding Seminar Nasional: Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia dan Literat. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewayani, S. & Retnaningdyah, P. 2017. Suara dari Marjin. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Dyson, A. H. 1997. Writing Superheroes: Contemporary Childhood, Popular Cultur,and
Classroom Literacy. New York: Teachers College Press.
Faizin. 2018. Literasi Budaya Lokal untuk Meminimalisir Gegar Budaya Pemelajar Bipa.
Prosiding Seni Bahasa (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra, Hlm 116-124). Universitas Negeri Yogyakarta.
Hashanah, M & Sholihah, R.Y. 2017. Correlation Between Reading Literacy Ability
and Achievement in Learning Indonesian Language in Grade X. Journal of IntensiveStudies on Language, Literature, Art, and Culture vol 1, No 2 (2017).
Haryati, T. 2014. Membangun Budaya Literasi dengan Pendekatan Kultur Adat. (Online),
http://www.triniharyati.id./2014/02. diakses 16 November 2018.
Ismail, T. 2003. Agar Anak Bangsa Tak Rabuh Membaca, Tak Pincang Mengarang.
Yogyakarta: Paperina.
Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas
(SMA). Jakarta: Jl. Jenderal Sudirman Senayan.
Kemendikbud.2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jawa Timur: JalanDaksinapati
Barat IV, Rawamangun.
Kimbley, Gregory A. 1975. “Habit”. Encyclopedia Americana, (13), 662-664.
Kintsch, W. & Kintsch, E. (2005). Comprehension Dalam S.G. Paris & S.A.Stahl (Eds).
Children’s Reading Comprehensionand Assessment. Mahwah, NJ: Erlbaum.
Kurniawan, Sriasih & Nurjaya. 2017.Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah
(GLS) di SMA Negeri 1 Singaraja.e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 7 No: 2.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa.
Maryam, S. 2013. Literasi Sastera pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastera
Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan ATIKAN 3 (2) | vol: | issue : |2013, hlm. 211-224.
Munimah., Supriyanto., &Ulfatin, N. 2016. Kompetensi Literasi Peserta Didik Kelas IV
Sekolah Dasar (SD). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (Online), http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/view/185/174, diakses 20 Juli 2019.
Naibaho, K. 2007. Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan. Visi Pustaka,2007, vol. 9, n. No. 3 , pp. 1-8. [Journal article (Paginated).
Nurcahyo, R. 2012. “Mengintegrasikan KonsepLiterasi Sastera Anak dalamPengajaran
Bahasa Inggrisuntuk Anak”. (Online), http://eprints.uny.ac.id/4471/, di akses 26 Juli 2019.
OEDC. 2016. Programme For International Student Asessment (PISA) Results FromPISA
(Oline), http//www.oedc.org./pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf, diakses Januari 2019.
Permatasari, A. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi.Prosiding
Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, pp. 146-156. (Online),
http://repository.unib.ac.id/11120/, diakses 3 Maret 2019.
Pierce, W. D., & Cheney, C. D. 2004. Behavior Analysis and Learning. Mahmah,New
Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Piscayanti, K. S & Wedhanti, N. K. 2012.Pengaruh Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal
Bali Terhadap Prestasi Menulis Naratif Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 2, Juli2012, hlm.161-168. Universitas Pendidikan Ganesha.
Rokhmawan, T & Firmansyah, M. B. 2017. Cultural Literacy Development Based
On Local Oral-Stories As The Cultural Identity Of Kebonsari Elementary School. Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and CultureVol. 1 No. 1 September 2017.
Rusyana, Y. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV
Diponegoro.
Saryono, D. 2017. Kaum Muda, Pembentukan Karakter dan Intelektualitas, dan Peran
Budaya Lokal pada Abad Pengetahuan. Journal of Intensive Studies on Language, Literature,Art, and Culture.
Saryono, D. 2018. KEYNOTE SPEAKER Literasi:Episentrum Kemajuan kebudayaan dan
peradaban. Prosiding Seminar Nasional Literasi V: Literasi pada Era Disrupsi. Surabaya: UNESA.
Saryono, D. 2019. LITERASI: Episentrum Kemajuan Kebudayaan dan Peradaban. Malang:
Pelangi Sastra.
Schwab, K. 2016. The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Geneva
Switzerland.
Shofaussamawati. 2014. Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada Anak Sejak Dini. Jurnal Perpustakaan Libraria STAIN Kudus, (Online), 2 (1): 46-59,(http://perpustakaan.stainkudus.ac.id/files/Libraria%20VOL-2%20NOMOR-1.pdf), diakses 11 Maret 2019.
Street, B. 2003. “What’s “new” in New Literacy Studies: Critical Approaches toLiteracy in
Theory and Practice.” Current Issues in Comparative Education, Teachers College, Columbia University, ALL RIGHTS RESERVED Current Issues in Comparative Education, Vol. 5(2).
Sujarwa. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Manusia dan Fenomena Sosial Budaya.
Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Suyitno, I. 2017. Development Of Cultural Literacy To Build Students’ CharacterThrough
Learning. Journal of Innovative Studies on Character and Education Volume 1 Issue 1, the Year 2017.
Suyono. 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi:Analisis Konteks,
Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan Pasal 1. Jakarta.
Wardani, N.E. (2016). Sastra Anak sebagai Wahana Meningkatkan Keberaksaraandan
Budaya Literasi Anak. Makalah Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. FKIPUniversitas Sebelas Maret Surakarta.
Yang, X., Kuo, L.-J., Ji, X., & McTigue, E. 2018. A critical examination of the relationship
among research, theory, and practice: Technology and reading instruction. Computers & Education, 125, 62–73. doi:10.1016/j.compedu.2018.03.009.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um006v3i22019p128-138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISLLAC indexed by:
ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia (Department of Indonesian Literature, Faculty of Letters, State University of Malang, Indonesia)
ISSN : 2597-7385 (media online) - SK no. 0005.25977385/JI.3.1/SK.ISSN/2017.09 - 19 September 2017
ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License