Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta

Hardi Prasetiawan, Said Alhadi

Abstract


Abstract: The particular study aimed to know the utilization of media in guidance and counseling service provided by school counselor. Quantitative approach was used in the study. The research instrument was questionnaire with five alternative answers, such: very often; often; rare; sometime; and never. The result of the study showed the use of media in guidance and counseling service by school counselor ranging from visual media, electronic media; audio visual media; computer media.

Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan lima alternatif jawaban yaitu: sangat sering; sering; jarang; kadang-kadang; dan tidak pernah. Hasil dari studi ini secara terperinci menunjukkan implementasi pemanfaatan media bimbingan dan konseling mulai dari media visual, media elektronik, media audio visual, dan media komputer dalam setiap layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling.

DOI: https://doi.org/10.17977/um001v3i22018p087


Keywords


media; services; guidance and counseling; layanan; bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 57–66.

Auliyah, A., & Flurentin, E. (2016). Efektifitas Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p019

Basri, A. S. H. (2010). Peran Media dalam Layanan Bimbingan Konseling Islam di Sekolah. Jurnal Dakwah, 11(1), 23–41.

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (2008).

Fujii, H., Yokoyama, T., Yoshimi, I., & Mizushima, S. (2017). A Randomized Controlled Trial to Evaluate The Effects of Health Guidance with Video Call as Compared to Face-to-face Health Guidance. International Medical Journal, 24(2), 186–191.

Hakim, I. A. (2011). Program Supervisi untuk Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Studi Deskriptif Ke Arah Pengembangan Program Supervisi pada Beberapa Sekolah di Kota Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Hanggara, G. (2016). Keefektifan “Proses Guru” sebagai Teknik Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 148–157. https://doi.org/10.17977/um001v1i42016p148

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i22017p041

Hassell, M. (2013). Your Media Speak So Loud I Can’t Hear a Word You’re Saying: Impact of Media and Media Selection on Performance. ProQuest LLC.

Hazrati, R., & Hanim, W. (2016). Pengaruh Media dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pengaturan Diri Siswa Kelas XI di SMAN 56 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 94–99.

Hidayah, N., & Triyono, T. (2009). Pengembangan Model Konseling Kolaboratif Berbasis ICT. In Kongres Nasional ABKIN. Surabaya.

Ilfiandra, A. M., & Ipah, S. (2006). Peningkatan Mutu Tata Kelola Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Atas Provinsi Jawa Barat. Bandung: UPI.

Irani, L. C., Handarini, D. M., & Fauzan, L. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Emosi sebagai Upaya Preventif Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p022

Johnni, P. (2009). Stockholm - A City For Everyone How New Technology Can Make Every Day Life Easier for Elderly and People with Disabilities. In 16th ITS World Congress.

Kettunen, J., Sampson Jr, J. P., & Vuorinen, R. (2015). Career Practitioners’ Conceptions of Competency for Social Media in Career Services. British Journal of Guidance & Counselling, 43(1), 43–56.

Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi dalam Konseling Kelompok Behavioral untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p001

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling. Jakarta: Erlangga.

Raharjo, E. (2007). Musik sebagai Media Terapi. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 8(3).

Rejeesh, E., & Anupama, M. (2017). Social Media and Data Mining Enabled Pre-counseling Session: A System to Perk Up Effectiveness of Counseling in Distance Education. In Proceedings of the International Conference on IoT in Social, Mobile, Analytics and Cloud, I-SMAC 2017 (hal. 153–156). https://doi.org/10.1109/I-SMAC.2017.8058328

Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p014

Sari, A. K. (2012). Klasifikasi Media Bimbingan dan Konseling. Lampung: Fakultas Tarbiyah Jurusan Bimbingan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, E. (2012). Penggunaan Media dalam Proses Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Kreativitas (pada Siswa SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2007-2008). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 2(1), 13–27.

Trianto, A. (2006). Aplikasi Teknologi Komputer untuk Bimbingan dan Konseling. Paradigma, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Hardi Prasetiawan, Said Alhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats