KETERAMPILAN KONSELING BERBASIS METAKOGNISI

Carolina Ligya Radjah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan metakognisi konselor Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan metode survey. Subyek penelitian adalah konselor sekolah sebanyak 166 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses konseling belum sepenuhnya menerapkan keterampilan konseling berbasis metakognisi. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam pelaksanaan konseling, konselor belum mmemperhitungkan keefektifan keterampilan intrapersonal sebagai suatu keterampilan yang terintegrasi dalam diri konselor.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i32016p090


Keywords


keterampilan konseling; metakognisi; konselor; sekolah menengah atas

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang standar Kompetensi Konselor.

Flavell, J.H. 1992. Metacognition and Cognitive Monitoeing: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry. Dalam Nelson, T.O. (Ed). Metacognition: Core Readings (hlm. 3-8). Boston: Allyn and Bacon.

Joyce, B, Weil, M dan Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (Eight Edition). Upper Saddle River, New Jersey, USA.

Marzano, R.J; Brand, R.S; Hughes, C.S; Jones, B.F: Presseisen, B.Z; Ranking, S.C. dan Suhor, Chales. 1988. Dimensions of Thingking: A Framework for Curiculum and Instrustions. Alexandria: ASCD.

Metealfe,J 2009. Metacognitive judgments and control of study. Columbia University, Vol 18- Number 3

Jones, R. 2003. Basic Counseling Skills: A Helper’s Manual. London: Sage Publications.

Newell, A. dan Simon, H.A. 1972. Human Problem Solving. New York: Prentice-Hall.

Joni, R. T. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor. Profesional Dosen, Pra- jabatan. Makalah disajikan dalam KONASPI, Psikoterapis se – Asia Pasifik, tanggal 5- 7 April 2008, di Jakarta.

Joni, T. 2009. Recognition Prior Learning. Makalah. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Schone, DA. 1983. The Reflective Practitioner: How Profesionals Think in Action. New York: Basic Book Inc., Publishers

Shulman, L.S. 1987. Knowledge and teaching: Foundations of new reform. Harvard Educational review L VII:12

Veenman Marcel V. J., Van Hout-Wolters, Bernadette H. A. M., Afflerbach, Peter. 2006. Metacognition and learning: conceptual and methodological considerations. Metacognition Learning. 2006. Vol. 1, pp. 3-14.

Williams, C. R., & Butler, S. K. (2010). A new retention variable: Hope and first generation college students. Sumber: di undah dari http://counselingoutfitters.com/vistas/ vistas10/Article_11.pdf. tanggal 10 Januaei 2011

Wulf, C.1998. Intercultural Education. Education, Volume 58, halaman 7- 19. Tubigen: Institute for Scientific Cooperation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Carolina Ligya Radjah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats