Pelatihan Pengembangan Mobile Game Edukasi untuk Guru SMK Bidang Teknologi Komputer dan Informatika Kota Malang

Wahyu Nur Hidayat, Syaad Patmanthara, Asih Setiani, Tri Atmadji Sutikno, Eddy Sutadji

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk menguraikan kegiatan peningkatan keterampilan guru SMK bidang TKI untuk mengembangkan mobile game edukasi. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan di SMKN 2 Singosari dengan jumlah peserta sebanyak 30 guru SMK se Kota Malang. Pelatihan dilakukan dengan metode IN-ON-IN yang dimulai dengan kegiatan seminar terkait disruptive learning innovation dan workshop pengembangan game edukasi. Kegiatan ON merupakan penugasan pengembangan game dan di akhir kegiatan IN adalah evaluasi tugas dan kegiatan pelatihan. Berdasarkan hasil penilaian angket didapatkan bahwa 85 persen guru telah memahami karakteristik macam-macam game dan sebanyak 80 persen guru telah dapat mengembangkan mobile game edukasi

Kata kunci pelatihan, media pembelajaran, game edukasi, guru SMK.

 

Abstract

The purpose of this article is to outline the activities of vocational teacher skills improvement in the field of TKI to develop educational mobile games. The implementation of training activities was carried out at SMKN 2 Singosari with a total of 30 SMK teachers in Malang. The training was conducted using the IN-ON-IN method which began with seminars related to disruptive learning innovation and educational game development workshops. The ON activity is an assignment for game development and at the end of the IN activity is the evaluation of the tasks and training activities. Based on the results of the questionnaire assessment, it was found that 85 percent of teachers had understood the characteristics of various games and as many as 80 percent of teachers had been able to develop educational mobile games.

Keywords— training, learning media, game education, vocational teacher


Full Text:

PDF

References


Hidayat, W. N. (2011). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran TANDUR Berbantuan Web Interaktif terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Malang. Universitas Negeri Malang, 2011.

Kaswan, Pelatihan dan Pengembangan, untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukardi. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.

Tjiptono, Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi, 2006.

H.B. Uno, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

S.E.P.Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v3i1p31-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.