Pemanfaatan Aplikasi Online “Imooji” Sebagai Alternatif Pembuatan Iklan Atraktif Bagi Creativepreneur
Abstract
Creativepreneurs atau biasa disebut sebagai kelompok usaha ekonomi kreatif merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan UMKM di Kota Malang. Di masa pandemic Covid-19 hingga New-Normal yang masih berlaku social distancing banyak usaha-usaha ekonomi kreatif yang mengalami penurunan omzet secara drastis. Ini diakibatkan tidak siapnya para creativepreneurs untuk beralih ke dunia digital, khususnya dalam proses pemasaran dan distribusi produk. Sedemikian hingga pelatihan digital marketing sangat penting dilakukan. Melalui pengabdian kepada masyarakat, pelatihan pemanfaatan aplikasi online “Imooji” sebagai alternatif pembuatan iklan atraktif sangat berguna bagi para creativeprenurs. Ini ditunjukkan oleh antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan yang mencapai 95 creativepreneurs. Keberhasilan pelatihan yang dilakukan diindikasikan oleh kemampuan para peserta dalam membuat brosur-brosur atraktif yang animatif dan bermusik yang dapat dibagikan ke banyak media sosial dan dapat langsung terhubung dengan WhatsApp produsen dan google form. Namun, terdapat kendala-kendala teknis sehingga Imooji yang dibuat oleh beberapa peserta tidak dapat dijalankan. Sehingga diharapkan untuk pelatihan berikutnya dilakukan secara offline dengan protokol kesehatan dan diadakannya pelatihan digital marketing lainnya seperti pembuatan Ads Instagram ataupun Facebook maupun pelatihan-pelatihan digital lainnya untuk mendukung usaha-usaha kreatif yang ada di kota Malang dalam masa pandemic Covid-19 dan di era New-Normal saat ini agar mampu untuk tetap bertahan dan berkembang.
Kata kunci— Creativepreneurs, Imooji, Iklan Atraktif
Abstract
Creativepreneurs or commonly referred to as economic business groups are an important part of developing MSMEs in Malang town. In the Covid-19 pandemic to the new-normal, there still had to social distancing so that many of creative industries encountered dropped dramatically in their turnover. This is due to the unpreparedness of the creative to switch to the digital world, specifically in the marketing process and product distribution. Thus, digital marketing training is essential. Through community service, training using the online application “Imooji” as an alternative to making attractive advertisements is useful for creativeprenurs. This was followed by the enthusiasm of the participants in the training which reached 95 participants. The success of the training carried out is indicated by competent participants in creating attractive and musical animative brochures that can be shared with many social media and can be connected directly with the manufacturer WhatsApp and Google forms. However, there is a technical transfer made by participants that cannot be carried out. The next training is expected be done offline with health protocols and will be held other digital marketing training such as making Instagram or Facebook Ads also other digital trainings to support creativepreneurs in Malang town during the Covid-19 pandemic and in the current New-Normal era in order to be able to stay afloat and grow.
Keywords—Creativepreneurs, Imooji, Attractive Advertising
Full Text:
PDFReferences
Alwiyah, A., & Sayyida, S. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan inovasi creativepreneur mahasiswa. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 35-40.
Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.
Arini, N. W., & Dasalinda, D. (2019). Pelatihan strategi marketing berbasis IT Bagi UKM di Jakarta Timur. in Abdimasmu (pp. 219-226).
Bjerke (2002). Entrepreurial marketing: The growth of small firms in the new economic era. Edward Elgar: Gloucestershire.
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi promosi dalam meningkatkan Penjualan luscious chocolate potato snack. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 87-96.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Marketing management (14th ed.). US: Pearson Education, Inc.
Molasy, H. D., Magfiroh, I. S., & Setyawati, I. K. (2019). Penerapan entrepreneural marketing pada kelompok usaha ekonomi kreatif (Creativepreneur ) di desa pakis dalam upaya penguatan desa pakis sebagai desa sejahtera mandiri (DSM). Warta Pengabdian, 13(3), 49-56.
Santoso, S., Kauf, J., & Aristo, N. C. (2019). The information system of name card sales based on digital marketing to improve creativepreneur on college e-commerce website. Aptisi Transactions On Technopreneurship (ATT), 1(1), 64-72.
Watini, S., Latifah, H., Rudianto, D., & Santoso, N. A. (2022). Adaptation of digital marketing of coffee MSME products to digital transformation in the era of the Covid-19 pandemic. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(1), 23-32.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v6i3p127-131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Karinov at: