“Ringmaker Mechine” untuk Meningkatkan Produksi “Alen-Alen” sebagai Jajanan Khas Trenggalek

Rina Rifqie Mariana, Maftuchin Romlie, Aulia Azzardina

Abstract


Abstrak

 

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan produksi alen-alen yang merupakan jajanan khas Trenggalek melalui pelatihan, pengenalan, dan hibah Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa “Ring Maker Mechine”. Mesin ini berfungsi untuk membentuk adonan alen-alen yang berbentuk seperti cincin yang selama ini dilakukan secara manual dan kovensional, sehingga proses produksi sangat terbatas karena membutuhkan waktu dan tenaga kerja yang banyak. Metode pengabdian dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan pengolahan alen-alen dengan menggunakan “Ring Maker Mechine”, dan menghibahkan alat ini kepada salah seorang pengrajin terpilih. Hasil cipta karya dan pelatihan ini menunjukkan terdapat perbedaan kapasitas produksi alen-alen yang dihasilkan. Menggunakan teknik konvensional (keterampilan tangan) pencetakan 1 kg bahan alen–alen membutuhkan waktu 35 menit. Sedangkan melalui penggunaan “Ring Maker Mechine” hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Keamanan pangannya juga lebih terjamin, lebih hygienes karena tidak terlalu banyak bersentuhan dengan tangan pekerja. Teknologi tepat guna ini juga dapat dijadikan sebagai protipe teknologi bagi pengusaha alen-alen lainnya, sesuai penyataan ketua UMKM Trenggalek yang akan mengajukan anggaran kepada pemerintah daerah Trenggalek untuk mengajukan subsidi alat serupa kepada para pengrajin secara bertahap sehingga unggulan jajanan ini dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas.

 

Kata Kunci : alen-alen, jajanan, khas trenggalek, ring maker mechine

 

Abstract

 

The purpose of this activity is to increase the production of alen-alen which is a typical Trenggalek snack through training, introduction, and grants for Appropriate Technology (TTG) in the form of "Ring Maker Mechine". This machine functions to form alen-alen dough in the shape of a ring which has been done manually and conventionally, so the production process is very limited because it requires a lot of time and labor. The service method is carried out through socialization, training, and assistance in the processing of alen-alen using the "Ring Maker Mechine", and donating this tool to one of the selected craftsmen. The results of this copyrighted work and training show that there are differences in the production capacity of the alen-alen produced. Using conventional techniques (hand craftsmanship), printing 1 kg of alene material takes 35 minutes. Meanwhile, using the "Ring Maker Mechine" only takes 5 minutes. Food safety is also more secure, more hygienic because it does not touch too much with the workers' hands. This appropriate technology can also be used as a technology prototype for other alen-alen entrepreneurs, according to the statement of the head of the Trenggalek UMKM who will submit a budget to the Trenggalek regional government to submit subsidies for similar tools to craftsmen in stages so that the superior snacks can reach a wider marketing .

 

Keywords: alen-alen, snacks, typical trenggalek, ring maker mechine


Full Text:

PDF

References


Amilia, W., & Choiron, M. (2017). STUDI

KELAYAKAN USAHA DAN DAYA SAING PADA INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 10(2), 51–57. doi: 10.19184/jsep.v10i2.5654

Bhayani, S., & Vachhani, N. V. (2014). Internet

Marketing vs Traditional Marketing: A Comparative Analysis. FIIB Business Review, 3(3), 53–63. doi: 10.1177/2455265820140309

Bocken, N. M. P., & Short, S. W. (2016). Towards a

sufficiency-driven business model: Experiences and opportunities. Environmental Innovation and Societal Transitions, 18, 41–61. doi: 10.1016/j.eist.2015.07.010

Elvani, S. (2016). ANALISIS NILAI TAMBAH DAN

PENDAPATAN SERTA STRATEGI PENGEMBANGAN PADA AGROINDUSTRI ALEN-ALEN DAN TIWUL INSTAN DI KABUPATEN TRENGGALEK. Diambil dari http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73455

Gendalasari, G., & Triandi, T. (2017). STRATEGI

PENINGKATAN KINERJA DAN KEUNGGULAN BERSAING UMKM SEPATU BERBASIS EKPORT DI BOGOR DALAM KOMPETISI PERDAGANGAN BEBAS. doi: 10.13140/RG.2.2.14087.44963

Kartikasari, A. N., & Kartikasari, A. N. (2020).

Pengaruh perilaku kewirausahaan dan diversifikasi produk terhadap pendapatan home industry kuliner kemasan alen-alen Kabupaten Trenggalek / Ayuni Nur Kartikasari. SKRIPSI Mahasiswa UM, 0(0). Diambil dari http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/95523.html

Khoiriyah, R., & Imron, M. (2019). Upaya

Peningkatan Produksi Alen – Alen Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Trenggalek Melalui Pelatihan dan Pemanfaatan Mesin Produksi Berdaya Guna. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). Diambil dari http://journal.lldikti9.id/JCPKM/article/view/189

Kristanto, E. Y., & Kristanto, E. Y. (2015). Analisis

sentra industri ditinjau dari aspek produksi dan keberhasilan usaha (studi kasus usaha olahan makananAlen-alen Bu Rohmi di Desa Jatisari Kabupaten Trenggalek / Erwin Yudi Kristanto. ,Analisis sentra industri ditinjau dari aspek produksi dan keberhasilan usaha (studi kasus usaha olahan makananAlen-alen Bu Rohmi di Desa Jatisari Kabupaten Trenggalek / Erwin Yudi Kristanto, 2015(2015), 1–99. doi: 2015

Litsareva, E. (2017). Success Factors of Asia-Pacific

Fast-Developing Regions’ Technological Innovation Development and Economic Growth. International Journal of Innovation Studies, 1(1), 72–88. doi: 10.3724/SP.J.1440.101006

Munaf, D. R., Suseno, T., Janu, R. I., & Badar, A. M.

(2008). PERAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MASYARAKAT DAERAH PERBATASAN Kasus Propinsi Kepulauan Riau. Jurnal Sosioteknologi, 7(13), 329-333–333.

Mzee, P. K. (2012). The Context of Globalization

and Human Resource Need and Strategy for Developing Countries—The Case of African Countries. Globalization - Education and Management Agendas. doi: 10.5772/45615

Rahmiyati, N. (2015). Model Pemberdayaan

Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna di Kota Mojokerto. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 2(02). doi: 10.30996/jmm.v2i02.506

Sinaga, H., Lubis, L. M., & Nasution, S. K. (2018).

Science and Technology for Alen-Alen Entrepreneur Comunities. Journal of Saintech Transfer, 1(1), 82–88. doi: 10.32734/jst.v1i1.238

Sinha, N., Ahuja, V., & Medury, Y. (2011).

Corporate blogs and internet marketing – Using consumer knowledge and emotion as strategic variables to develop consumer engagement. Journal of Database Marketing & Customer Strategy Management, 18(3), 185–199. doi: 10.1057/dbm.2011.24




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v4i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.