Dari Teori ke Praktik: Kesadaran Mahasiswa Berwirausaha dan Peningkatan Skala Bisnis Usaha

Linda Seprillina, Vika Annisa Qurrata, Bagus Shandy Narmaditya, Siti Rosnita Binti Sakarji

Abstract


Kewirausahaan telah menjadi penggerak yang diakui secara luas dalam mengurangi pengangguran di seluruh dunia. Mengidentifikasi permasalahan, peningkatan kesadaran dan pendampingan usaha diharapkan akan mendorong pertumbuhan wirausaha terutama dari lulusan perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan, mengetahui permasalahan dan peluang, serta memberikan pendampingan dalam kegiatan bisnis mahasiswa untuk mencapai skala bisnis yang lebih tinggi. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya adalah survei awal dan pengumpulan data, kegiatan analisis, kegiatan pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya perubahan pada kesadaran berwirausaha bagi mahasiswa dan usaha kecil mikro (UKM). Selain itu, manajemen bisnis melalui adanya aplikasi pembukuan sederhana oleh para peserta juga semakin meningkat. Dengan adanya pembukuan yang baik, maka akses UKM kepada pendanaan pihak luar semakin meningkat. Evaluasi kegiatan dapat terlihat berdasarkan peningkatan jumlah calon konsumen potensial yang dimiliki oleh setiap UKM.

Kata Kunci: Kewirausahaan, kesadaran berwirausaha, pemasaran, skala bisnis

 

Abstract 

Entrepreneurship has become widely recognized as a driver in reducing unemployment worldwide. Identifying problems, raising awareness, and business assistance will encourage entrepreneurial growth, especially for college graduates. This program aims to provide knowledge about entrepreneurship, identify problems and opportunities, and provide student business activities assistance to achieve a higher business scale. This community service was conducted in several stages, including the initial survey and data collection, analysis activities, mentoring, and evaluation activities. The results of this activity indicate a change in entrepreneurial awareness for students and small and medium entreprises (SMEs). Additionally, business management through a simple bookkeeping application by the participants is also enhancing. With good bookkeeping, SMEs access to external funding will also increase. Evaluation of activities can be seen based on the enhance in the number of potential customers for each SMEs.

Keywords:  Business scale, entrepreneurship, entrepreneurial awareness, marketing technique


Full Text:

PDF

References


Ali, Z., Sun, H., & Ali, M. (2017). The impact of managerial and adaptive capabilities to stimulate organizational innovation in SMEs: A complementary PLS–SEM approach. Sustainability, 9(12), 2157.

Astuti, E. D. (2019). Kompetensi lulusan perguruan tinggi vokasi dalam strategi mewujudkan sumberdaya yang berwawasan entrepreneur. Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(1), 1-7.

BPS. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. Badan Pusat Statistik.

Handayati, P., Wulandari, D., Soetjipto, B. E., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurship education promote vocational students’ entrepreneurial mindset?. Heliyon, 6(11), e05426.

Jailani, M. (2019). Hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi anak untuk berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 35-42

Karyaningsih, R. P. D., Wibowo, A., Saptono, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurial knowledge influence vocational students’ intention? Lessons from Indonesia. Entrep. Bus. Econ. Rev, 8, 138-155.

Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 176-183.

Mustofa, A., & Dwi, J. S. E. (2018). Efektivitas pendampingan kelompok dalam meningkatkan motivasi berwirausaha peternak sapi perah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 7-13.

Nambisan, S. (2017). Digital entrepreneurship: Toward a digital technology perspective of entrepreneurship. Entrepreneurship theory and practice, 41(6), 1029-1055.

Ningrum, P. K., Pansombut, T., & Ueranantasun, A. (2020). Text mining of online job advertisements to identify direct discrimination during job hunting process: A case study in Indonesia. Plos one, 15(6), e0233746.

Nurfaizal, Y., & Anwar, T. 2019. Manajemen usaha dan pelatihan digital marketing UKM pada KUB Batik Pringmas Desa Papringan Banyumas. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 146-154.

Patma, T. S., Wardana, L. W., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). The shifting of business activities during the COVID-19 pandemic: Does social media marketing matter?. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(12), 283-292.

Perdana, N. S. (2019). Analisis permintaan dan penawaran lulusan SMK dalam pemenuhan pasar tenaga kerja. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 171-182.

Purnamasari, V., Qurrata, V. A., & Narmaditya, B. S. (2020). Pemberdayaan wanita melalui peluang usaha dalam peningkatan ekonomi lokal. Jurnal Graha Pengabdian, 2(1), 1-8.

Rahmi, V. A., Ismanto, H., & Fathoni, M. Z. (2020). Inovatif saat pandemi Covid melalui pelatihan kewirausahaan khas perempuan berbahan sampah “Kolaborasi BUMDes dan Warga”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 418-425.

Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does entrepreneurial education matter for Indonesian students’ entrepreneurial preparation: The mediating role of entrepreneurial mindset and knowledge. Cogent Education, 7(1), 1836728.

Sari, I. A., Kartikasari, M. D., Susilawati, A. D., & Cahyaningtyas, N. W. 2020. Pemberdayaan masyarakat ekonomi Desa Mejasem Timur melalui penguatan literasi keuangan dan digital marketing. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(2), 96-100.

Sholeh, A. N., Nazir, A., Nizar, N. I., Nasution, A. Y., & Abdurohman, D. (2020). Manajemen kewirausahaan sosial suatu alternatif pada PAC GP Ansor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(1), 89-98.

Utomo, S. H., Qurrata, V. A., Purnamasari, V., & Seprillina, L. (2019). Peningkatan omset penjualan melalui media sosial pada usaha kecil menengah alas kaki berbahan kulit. Jurnal Karinov, 2(1), 57-61.

Wadhwani, R. D., Kirsch, D., Welter, F., Gartner, W. B., & Jones, G. G. (2020). Context, time, and change: Historical approaches to entrepreneurship research. Strategic Entrepreneurship Journal, 14(1), 3-19.

Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students' entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), e04922.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v4i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.