Pendampingan bagi Kelompok Sadar Wisata NUSA IMPIAN Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Melalui Digital Marketing di Desa Wisata Pulau Lemukutan

Gebry Veriora Apolita Manoban, Dedi Herdiansyah, Fadlur Ramadan Nur Insani, Sasa Atilah, Sholeh Sholeh, Siti Nurjanah, Ananda Rozalina, Aini Robiurrahmah

Abstract


Desa Wisata Pulau Lemukutan sendiri memiliki beberapa Telok yang telah berkembang menjadi destinasi wisata yang menarik, diantara nya Telok Melano, Telok Surau, Telok Cina dan Tanjung Porox. Pemilihan tema ini dalam era digital seperti ini, kami dari UKM Modelling dan Photography merasa sangat tepat, sehingga kami berharap kami secara kelembagaan dapat ikut berperan memajukan pariwisata di Desa Wisata Pulau Lemukutan, melalui kompetensi yang kami miliki. Metode pelaksanaan kegiatan Program P2MD yaitu dengan melakukan kegiatan pelatihan/penyuluhan mengenai photography dan melakukan pendampingan yang berkelanjutan dengan menjalin kemitraan dengan Pokdarwis terutama dalam mengupdate medsos sebagai saran promo wisata di Desa Pulau Lemukutan. Hasil pelaksanaan program permberdayaan masyarakat desa kali ini adalah akun media sosial bagi pokdarwis untuk mempromosikan wisata di Desa Pulau Lemukutan, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anggota pokdarwis dalam photography, dan harapan jangka panjang dengan terampilnya mereka membuat konten foto dan video promosi wisata, maka akan terjadi peningkatan jumlah pengunjung, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Pulau Lemukutan.

 

Kata kunci Pemasaran digital, Pelatihan dan pendampingan, Desa wisata

 

Abstract

 

 Lemukutan Island Tourism Village has several Telok which have developed into attractive tourist destinations, including Telok Melano, Telok Surau, Telok China and Tanjung Porox. The choice of this theme in this digital era, we from UKM Modeling and Photography feel very appropriate, so we hope that we institutionally can play a role in advancing tourism in Lemukutan Island Tourism Village, through the competencies we have. The method of implementing the P2MD Program activities is by conducting training/counseling activities on photography and providing ongoing assistance by establishing partnerships with Pokdarwis, especially in updating social media as a tourist promo suggestion in Pulau Lemukutan Village. The results of the implementation of the village community empowerment program this time are social media accounts for Pokdarwis to promote tourism in Pulau Lemukutan Village, increase knowledge and skills of Pokdarwis members in photography, and long-term hope that with their skill in making photo content and tourism promotion videos, there will be an increase the number of visitors, which in turn will increase the income of the people of Pulau Lemukutan Village.

 

Keywords Digital marketing, Training and mentoring, Village-based tourism

Full Text:

PDF

References


Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). Dampak pengembangan pemasaran digital pada startup’s (Studi kasus pada wirausaha baru). EkoNiKa, 3(1), 1-14.

Faradillah, I. O., Ummi Munirah, S. M. Z., Nor Azlili, H., & Izzurazlia, I. (2020). Pengaruh pemasaran digital terhadap prestasi usahawan perusahaan kecil dan sederhana. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Manshur, M. I. (2020). Peran digital marketing dalam membangun brand awareness busana Hijab Syar’i SI. SE. SA. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 113-130.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital marketing dalam membangun brand awareness. Profesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. CV Andi.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Prajarto, Y. A. N., Phitaloka, M., & Purwaningtyas, F. (2017). Media digital dalam komunikasi pemasaran pariwisata : Efektivitas Sistem Informasi Kanal Pemesanan Daring. 1–18.

Pramadyanto, M. R. (2022). Pemanfaatan digital marketing dalam membangun brand awareness brand fashion streetwear Urbain inc. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 2022, 14(1), 69–92.

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan kualitas umkm berbasis digital dengan metode participatory action research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494

Risdiansyah, D., Reza, M. K., & Widianto, S. R. (2022). Pelatihan digital marketing pada UMKM RT 04/RW 12 Kelurahan Parit Mayor. 1(2), 44–48.

Suwarno, B. (2020). Analisis peran digital marketing dalam peningkatan marketing performance (Studi Kasus ecommerce di Sumatera Utara). 124-126.

Wardana, A. (2022). Strategi digital marketing. book chapter bisnis digital. Penerbit Media Sains Indonesia (CV Media Sains Indonesia).

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i3p199-206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.