Pengembangan Pemasaran Industri Rumahan melalui Penguatan Persiapan Pengelolaan Rest Area di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang)
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendukung masyarakat di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang yang tergabung dalam industri rumahan dalam pengelola usahanya melalui pembentukan rest area. Dengan adanya rest area ini diharapkan mampu menjadi wadah yang mendukung dan memfasilitasi para pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Produk yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri berdasarkan potensi yang dimiliki di desa tersebut. Antusias masyarakat menjadi motivasi untuk Desa dalam mengembangkan rest area ini sampai berhasil dan mampu mendukung para pelaku usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain survei lokasi rest area, focus group discussion (FGD), sosialisasi dan pendampingan para pelaku usaha industri rumahan dalam pemasarannya. Hasil dari kegiatan ini cukup signifikan terlihat dari pendampingan yang dilakukan, karena adanya antusiasme masyarakat dan juga dukungan desa dalam mengembangkan para pelaku usaha yang tergabung daam kelompok industri rumahan untuk mewujudkan pembangunan rest area ini hingga rest area ini dapat terkonsep dalam sebuah desain lokasi dan kesiapan para pelaku usaha di kelompok usaha Desa Sumbersekar.
Kata kunci— Industri Rumahan, Pemasaran, Rest Area
Abstract
This community service activity aims to support the community in Sumbersekar Village, Dau District in Malang Regency, which are members of the home industry in managing their business by establishing a rest area. This rest area is expected to become a forum that supports and facilitates business actors in marketing their products. The resulting product has its characteristics based on the potential in the village. The community's enthusiasm is the motivation for the village to develop this rest area until it is successful and able to support business actors. The methods used in this activity include surveys of rest area locations, focus group discussions (FGD), socialization, and assistance to home industry business actors in marketing. The results of this activity are quite significant, as can be seen from the assistance carried out in the enthusiasm of the community and also village support in developing business actors who are members of the home industry group to realize the construction of this rest area so that this rest area can be conceptualized in a location design and the readiness of the community members business actors in the Sumbersekar Village business group.
Keywords— Home Industry, Marketing, Rest Area
Full Text:
PDFReferences
Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreuner Dan Enterpreneurship, 5(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383
Fadhilah, A., Darma, R., & Amrullah, A. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Rumah Tangga (Development Strategy Of Household Business). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3), 233. https://doi.org/10.20956/jsep.v14i3.3718
Joesyiana, K. (2017). Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Usaha Tas Rajut Industri Pengolahan Kreatifitas Tali Kur). Jurnal Valuta, 3(1), 159–172. https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1275/801
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 (2)). Erlanga.
Kuncoro, M., & Widjajanto, K. (2001). Analisis Profil dan Masalah Industri Kecil dan Rumah Tangga; Studi Kasus di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Ekonomi Pembangunan, 6(1), 33–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/ejem.v6i1.6980
Laskara, G. (2021). Prinsip Perencanaan dan Kriteria Pengendalian Pengembangan Fasilitas Rest-Area pada Jalan Tol di Indonesia. Journal of Regional and Rural Development Planning, 5(2), 123–133. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2021.5.2.123-133
Lestari, D., Sukiyono, K., & Badrudin, R. (2015). Strategi Pengembangan Pemasaran Industri Rumah Tangga Raflesia Di Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal AGRISEP Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.31186/jagrisep.14.2.147-158
Soetarto., Muqorobin, A., & Mabruroh. (2011). Produk Unggulan Dan Nilai PAD: Kasus di Kab.Sukoharjo, Jawa Tengah. Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan, 182–192.
Suci, Y. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Suryandari, N., & Pramerta, I. (2018). Tantangan Umkm dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Akses, 10(2).
Wahyuningsih, N., Dania, W., & Dewi, I. (2014). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Minuman Kopi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) (Studi Kasus pada Coffee Story Malang). Jurnal Lulusan TIP FTP UB, 1–10.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i1p31-35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Karinov at: