Penerapan Diagnostic Tool Motor Injeksi Versi Android di Bengkel Sinar Mustika Motor

Erwin Komara Mindarta, Didin Zakaria Lubis, Dani Irawan, Eko Prastyo Utomo, Esa Arijuna Priyananda

Abstract


Diagnostic Tool merupakan alat diagnosa profesional yang digunakan oleh seorang mekanik atau teknisi kendaraan termasuk sepeda motor yang berfungsi untuk menemukan kerusakan pada motor injeksi dengan cara scanning data yang tersimpan di dalam memori ECU. Di Universitas Negeri Malang (UM), bengkel motor yang memiliki standart bengkel resmi belum banyak, termasuk bengkel Sinar Mustika Motor. Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat dari Jurusan Teknik Mesin UM menjawab kebutuhan mitra, dengan memberikan solusi Inovasi teknologi Diagnostic Tool Motor Injeksi Versi Android. Untuk mencapai tujuan pengabdian, prosedur yang ditempuh meliputi 1) survey lokasi, 2) pendekatan sosial, 3) pengembangan produk, 4) penyusunan panduan, 5) penerapan ipteks/TTG melalui kegiatan introduksi alat dan pelatihan; 6) tindak lanjut melalui pendampingan; 7) monev, dan 8) memenuhi kewajiban luaran. Hasil PKM-LK: 1) produk berfungsi dengan baik serta bermanfaat bagi pemakainya: a) dapat membaca, mereset code dan memanipulasi data konsumsi BBM agar lebih irit, b) dapat mengetahui masalah kerusakan pada motor injeksi, c) dapat menemukan kerusakan pada motor dengan cara scanning data yang tersimpan di dalam memori ECU; dan 2) dapat digunakan sebagai usaha diagnosis awal kerusakan pada sistem sepeda motor secara mandiri di Bengkel Sinar Mustika Motor.

 

Kata kunci Diagnostic, Motor injeksi, Android

 

Abstract

 

Diagnostic Tool is a professional Diagnostic tool used by a mechanic or vehicle technician including motorcycles that serves to find damage to the injection motor by scanning the data stored in the ECU memory. Diagnostic Tool is usually owned by a motorcycle repair shop that has an official workshop standard. Around Universitas Negeri Malang (UM), there are not many motorcycles repair shops that have official workshop standards, including Sinar Mustika Motor workshops. The community service implementation team from the Department of Mechanical Engineering, UM answered the needs of partners, by providing innovative solutions for the Android Version of Injection Motor Diagnostic Tool technology. To achieve the goal of service, the procedures taken include 1) site survey, 2) social approach, 3) product development, 4) preparation of guidelines, 5) application of science and technology/TTG through tool introduction and training activities; 6) follow-up through mentoring; 7) monev, and 8) fulfill external obligations. PKM-LK results: 1) the product functions properly and is useful for the user: a) can read, reset code and manipulate fuel consumption data to make it more efficient, b) can find out the problem of damage to the injection motor, c) can find damage to the motor by how to scan data stored in the ECU memory; and 2) can be used as an effort to independently diagnose damage to the motorcycle system at the Sinar Mustika Motor Workshop.

 

Keywords Diagnostic, Injection motor, Android


Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. G. M., & Suyanto, W. (2013). Penggunaan EFI scanner sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 192–209. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1601

Anggraheni Rukmana, S. I. (2012). Analisis dan perancangan sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan sepeda motor non injeksi pada bengkel gemilang jaya motor Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science.

Antono, A. (2018). 6 Kerusakan yang sering terjadi pada motor injeksi (#Wajib Tahu). https://hargamotor.co.id/masalah-teknis/kerusakan-yang-sering-terjadi-pada-motor-injeksi

Bima, P. A., & Bakhri, S. (2018). Sistem Pakar diagnosis kerusakan mesin sepeda motor non injeksi Yamaha pada bengkel Dirgantara Motor. Paradigma.

Destiani Siti Fatimah, D., & Hilmi A, A. (2016). Pengembangan Sistem pakar diagnosis kerusakan sepeda motor automatic non injeksi berbasis Android. Jurnal Algoritma, 12, 1-14. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.332

Faozi, A., Martias, & Sugiarto, T. (2015). Studi tentang kinerja scanner OBD II ELM 327, launch X 431 master, dan intelligent tester 2. Teknik Otomotif FT UNP.

Mindarta, E. K., Paryono., Sumarli., Marji, & Harly, M. (2019). Rancang Bangun scanner motor injeksi Honda versi Android Untuk Meningkatkan pendapatan usaha kelompok mekanik bengkel sepeda motor di Desa Tirtomoyo, Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi, 2(2).

Mindarta, E. K., Sumarli, Paryono, Marji, & Harly, M. (2019). Pelatihan mendiagnosis kerusakan mobil injeksi berdasarkan kode DTC menggunakan smartphone sebagai scanner portable di bengkel Pulesari II Pakis, Malang. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi, 2(2).

Paryono, Marji, Sumarli, & Mindarta, E. K. (2019). Pelatihan penggunaan device OBD II Ke USB untuk diagnosa (DTC) dan pengukuran (PID) pada mesin kendaraan di bengkel Mobil Satria Motor Kota Malang. Jurnal Karinov, 2(1), 26–32.

Saputra, H. D., Alwi, E., & Afnison, W. (2019). Pelatihan servis sepeda motor injeksi mekanik bengkel konvensional di Kabupaten Solok Selatan. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24036/sb.0220

Sartika Wiguna, A., & Harianto, I. (2017). Sepeda Motor Matic Injeksi Menggunakan Metode Forward. SMARTICS Journal.

Sugiarto, B. (2010). Sistem injeksi bahan bakar sepeda motor satu silinder empat langkah. Makara of Technology Series. https://doi.org/10.7454/mst.v8i3.273

Sutiman. (2011). Pemanfaatan on board diagnostic (OBD) pada kendaraan berbasis engine management system. Pelatihan Teknologi Injeksi Bahan Bakar Motor Bensin Bagi Guru-Guru MGMP Otomotif Se-Kabupaten Bantul, 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i3p224-227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.