Pelatihan Strategi Bisnis Berkelanjutan di Era Pandemi Covid-19 bagi Start-Up Business

Sumiati Sumiati, Margono Setiawan, Muhammad Fajrul Islam F

Abstract


Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi bisnis dan industri dalam dua tahun. Hal ini berdampak pada semua sektor industri tidak peduli kapitalisasi kecil atau besar. Bahkan, tidak sedikit supermarket besar menutup bisnis mereka dan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan. Industri menghadapi kondisi yang sama seperti 1) kurangnya pengetahuan tentang bagaimana menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk berhubungan dengan konsumen di tengah persaingan yang ketat dan kondisi ekonomi yang merosot, 2) Dampak dari pandemi menyebabkan banyak pegawai yang dirumahkan dan beralih menjadi penjual dadakan sehingga hal ini meningkatkan persaingan usaha 3) Adanya persaingan yang ketat menuntut untuk melakukan inovasi. Berdasarkan permasalahan yang dialami, alternatif solusi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan berkelanjutan terkait strategi bisnis dalam bisnis start-up bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pelatihan ini untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu bertahan di dunia bisnis yang tidak menentu terlebih pada kondisi pandemi Covid-19. Dari hasil pelatihan yang diberikan, para peserta kegiatan memiliki wawasan dan pandangan baru untuk terus berinovasi dalam memaksimalkan pemasaran digital dan fokus pada segmenting, targeting, dan positioning bisnis.

 

Kata kunci Strategi Bisnis Berkelanjutan, Start-up, Wirausaha Muda, pandemic Covid-19

 

Abstract

 

Pandemic Covid-19 brings a significant impact on business and industry for two years. It impacts all of the industry sectors, both small and large capitalization. Surprisingly, the huge supermarket closed its business and cut off the employee. The industry faces the same condition, such as 1) a lack of knowledge about how to use effective marketing strategy to engage with the consumer amid intense competition and slumping economic condition, 2) a pandemic brings impact an employee become a seller that makes new competition 3) The existence of intense competition requires innovation. Based on the problems experienced, the alternative solution to the problem is to carry out ongoing training related to business strategies in start-up businesses for students of the Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya. This training prepares students to survive in the uncertain business world first in the conditions of the Covid-19 pandemic. From the training results provided, the activity participants have new insights and views to continue to innovate in maximizing digital marketing and focus on segmenting, targeting, and positioning business.

 

Keywords Sustainable Business Strategy, Start-ups, Young Entrepreneurs, Covid-19 pandemic


Full Text:

PDF

References


Alamanda, M., Nugraha, A. C., Suryahudaya, E. G., & Kenawas, Y. (2019). Kesiapan pemuda urban Indonesia dan dukungan pemerintah terhadap bonus demografi Indonesia. Jurnal Perkotaan, 11(2), 151–161.

Bantacut, T. (2012). Bisnis berkelanjutan: Integrasi manajemen lingkungan dalam pengelolaan usaha. Agrimedia, 17(1), 33–42.

Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan MBKM. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–42.

Hapsari, I. M. (2014). Identifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh UKM dan peninjauan kembali regulasi UKM sebagai langkah awal revitalisasi UKM. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 5(2).

Kotler, P., & Keller, L. (2018). Manajemen Pemasaran (kedua bela). Indeks.

LIPI. (2020). Survei Dampak Darurat Virus Corona terhadap Tenaga Kerja Indonesia. http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-darurat-virus-corona-terhadap--tenaga-kerja-indonesia/22030

Niode, I. Y. (2009). Sektor UMKM di Indonesia: Profil, masalah, dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1), 1–10.

Prasarti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan perilaku milineal: peluang atau ancaman bonus demografi. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–22.

Purnamawati, A. (2020). Karakteristik Kewirausaahan, Peran Teknologi Dan Media Dalam Keberlangsungan Usaha Start-Up Indonesia Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ribadu, M. B., & Rahman, W. N. W. A. (2019). An integrated approach towards Sharia compliance E-commerce trust. Applied Computing and Informatics, 15(1), 1–6.

Sumiati, S. (2022). Analysis of Marketing Strategy, Product Quality and Service Quality to Repurchase Intention. In the 4th International Conference on Business and Banking Innovations (ICOBBI) 2022.

Startupranking. (2022). Jumlah usaha rintisan.htps://www.startupranking.com/. Diakses pada 18 Agustus 2022

Suryadi, N., Anggraeni, R., Ariyanto, D., & Fajrul Islam, M. (2022). The effect of the COVID-19 pandemic on consumer behaviors: A study on gen-z in Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 10(8), 313–318. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v10i8.1490

World Health Organization. (2020). Naming the coronavirus disease (COVID-19) and the virus that causes it. Geneva: World Health Organization. https://www.who.int/emergencies/diseases/novelcoronavirus-2019/technical-guidance/naming-the-coronavirusdisease-(covid-2019)-and-the-virus-that-causes-it.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i3p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.