Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis Web Bagi Guru MGMP Akuntansi di Jawa Timur

Suci Rohayati, Irin Widayati, Eko Wahjudi, Vivi Pratiwi, Mohamad Arief Rafsanjani

Abstract


Kebijakan pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 memaksa guru untuk memanfaatkan teknologi dalam aktivitas belajar mengajar.  Akan tetapi, masih banyak guru yang mengalami kesulitan, terutama dalam menyiapkan bahan ajar interaktif berbasis web yang mudah di akses oleh siswa. Tujuan kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan bahan ajar interaktif berbasis web (google sites). Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara langsung dalam pembuatan bahan ajar interaktif berbasis web. Kegiatan ini dilaksanakan pada 40 guru yang tergabung dalam MGMP Akuntansi Provinsi Jawa Timur selama dua hari dengan format daring dan luring. Kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta pelatihan. Selain itu, hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu secara efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan google sites sebagai media pembuatan bahan ajar interaktif.

 

Kata kunciPelatihan, Media interaktif berbasis web, Google sites, Guru.

 

Abstract

 

The online learning policy during the covid-19 pandemic forced teachers to use technology in teaching and learning activities. However, many teachers face challenges, such as preparing interactive web-based teaching materials. This training aims to improve teachers knowledge and skills in making interactive web-based teaching materials using google-sites. The methods are socialization, training, and direct assistance in preparing web-based interactive teaching materials. This training was carried out on 40 teachers, members of the accounting teachers association (MGMP) in East Java Province, for two days with online and offline formats. This training received a positive response from the participants. In addition, the results show the training improved teachers knowledge and skills in utilizing google sites as an interactive teaching material effectively.

 

KeywordsTraining, Interactive media, Web-based, Google-sites, Teacher.


Full Text:

PDF

References


Aguinis, H., & Kraiger, K. (2009). Benefits of training and development for individuals and teams, organizations and society. Annual Review of Psychology, 60, 451-474. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.60.110707.163505

Aragón-Sánchez, A., Barba-Aragón, I., & Sanz-Valle, R. (2003). Effects of training on business results. The International Journal of Human Resource Management, 14(6), 956-980. https://doi.org/10.1080/0958519032000106164

Ballesteros-Rodríguez, J. L., De Saá-Pérez, P., & Domínguez-Falcón, C. (2012). The role of organizational culture and HRM on training success: evidence from the Canarian restaurant industry. The International Journal of Human Resource Management, 23(15), 3225-3242.

Gustina, A. (2015). Pengaruh kualitas pelatihan dan kondisi lingkungan pelatihan terhadap efektivitas pelatihan di sentra pendidikan BRI Yogyakarta. (Undergraduate). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Harsanto, B. (2012). Panduan e-learning menggunakan google sites. Available at: http://elearning.fe.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2012/09/Panduan- ELearning-Menggunakan-GoogleSites.pdf

Rafsanjani, M. A., Hakim, L., Wahjudi, E., Listiadi, A., & Rohayati, S. (2019). Enhancing the teachers ability to prepare class action research (CAR) proposals through intensive training using “Smart Way Form”. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 1(1), 47-58. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6355

Rohayati, S., Hakim, L., Listiadi, A., Wahjudi, E., Kurniawan, R. Y., & Rafsanjani, M. A. (2022). Pendampingan penulisan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru SMK Kabupaten Bangkalan. Jurnal Karinov, 5(2), 85-90. http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i2p85-90

Suryanto, D.A. (2018). Analisis perbandingan antara blogger dan google site. Undergraduate S1 Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Tharenou, P., Saks, A. M., & Moore, C. (2007). A review and critique of research on training and organizational-level outcomes. Human Resource Management Review, 17(3), 251-273. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2007.07.004

Yulfianti, S. Y., & Dewi, R. M. (2021). Efek learning management system berbasis google classroom dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 491. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3717




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i3p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.