Literasi Keuangan Guna Mewujudkan UMKM Berkelanjutan di Era Endemi Covid-19

Bahtiar Effendi

Abstract


Kehadiran Pandemi Covid-19 pada dua tahun belakangan ini membawa dampak yang besar terhadap eksistensi suatu bisnis khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan tidak sedikit UMKM yang menutup kegiatan usaha mereka karena tidak dapat bertahan terhadap kondisi pandemic Covid-19. Sebagian besar Pelaku UMKM menghadapi kondisi permasalahan yang sama yakni kurangnya pengetahuan yang memadai perihal literasi keuangan dalam mengelola kegiatan usahanya. Berdasarkan permasalahan yang dialami, alternatif solusi yang ditawarkan adalah melalui kegiatan pelatihan literasi keuangan bagi pelaku UMKM Desa Suradiata dan Desa Mekarwangi, Kabupaten Tangerang. Pelatihan ini untuk mempersiapkan para pelaku UMKM agar mampu bertahan menghadapi kondisi yang susah akibat pandemic Covid-19. Adapun metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan yakni meliputi: tahap persiapan yang terdiri dari observasi, wawancara dengan kepala desa, penyampaian materi, dan penyuluhan materi; tahap pelaksanaan terdiri dari pelaksanaan kegiatan seminar diawali dengan pendekatan dan pendampingan kepada pelaku usaha; tahap evaluasi evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Dari hasil kegiatan pelatihan yang telah dilakukan, para peserta kegiatan memiliki wawasan dan pandangan baru dan melek literasi keuangan dalam mengelola kegiatan usaha dan memaksimalkan pendapatan yang diterima.

 

Kata kunci Literasi Keuangan, UMKM Berkelanjutan, Pelatihan, Endemi Covid-19

 

Abstract

 

The presence of the Covid-19 Pandemic in the last two years has had a major impact on the existence of a business, especially Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Not even a few MSMEs have closed their business activities because they cannot survive the conditions of the Covid-19 pandemic. Most MSMEs actors face the same problem conditions, namely a lack of adequate knowledge regarding financial literacy in managing their business activities. Based on the problems experienced, an alternative solution is offered through financial literacy training activities for MSMEs in Suradiata and Mekarwangi Village, Tangerang Regency. This training is to prepare MSMEs actors to be able to survive in difficult conditions due to the Covid-19 pandemic. The community service methods carried out include: the preparation stage which consists of observation, interviews with village heads, delivery of material, and material counseling; the implementation stage consists of carrying out seminar activities starting with approaches and assistance to business actors; evaluation stage evaluation of activities that have been implemented. From the results of the training activities that have been carried out, the activity participants have new insights and views and financial literacy literacy in managing business activities and maximizing the income received.

 

KeywordsFinancial Literacy, Sustainable MSMEs, Training, Covid-19 Endemic

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.Agus Suprijono (2011, p.4-5).

Brajannoto, D., Amelia, S., Safitri, S., & Pratama, R. R. A. (2021). Pengaruh pertumbuhan ekonomi dan perubahan struktur ekonomi terhadap kemiskinan. Salam (Islamic Economics Journal), 2(2), 1-16.

Effendi, B. (2018). Accounting assistance for treasurers and teachers for improvement and strengthening of Mekarwangi Elementary School, Cisauk, Tangerang [Peningkatan dan Penguatan SDN Mekarwangi, Cisauk, Tangerang dalam bentuk pendampingan Akuntansi untuk Bendahara dan Pengajar]. Proceeding of Community Development, (2), 225-233. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.265

Effendi, B. (2018a). Penguatan kemampuan bendahara dan guru SD Melalui Pembelajaran Akuntansi Dasar di SDN Mekarwangi, Ds. Mekarwangi, Kec. Cisauk, Tangerang-Banten. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 188-191. http://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2812

Effendi, B. (2019). Peningkatan kesadaran pelajar dengan edukasi konservasi lingkungan hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat : Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 309-330. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-04

Effendi, B. (2018b). Penguatan pemahaman siswa kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 302-308. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14635

Effendi, B. (2020a). Edukasi dan pendampingan akuntansi kader Posyandu Rambutan dan Posyandu Nusa Indah Desa Mekarwangi Kabupaten Tangerang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 25-36. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.206

Effendi, B. (2020b). Pengabdian kepada masyarakat: Sinergitas universitas dan tentara manunggal membangun desa (TMMD). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 215-223. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.369

Endrayani, N. K. E., & Dewi, M. H. U. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 63-88.

Fattah, H., Riodini, I., Hasibuan, S. W., Rahmanto, D. N. A., Layli, M., Holle, M. H., ... & Marzuki, S. N. (2022). Fintech dalam keuangan Islam: Teori dan praktik. Publica Indonesia Utama.

Muttaqin, H. M., Kosim, A. M., & Devi, A. (2021). Peranan perbankan syariah dalam mendorong usaha mikro kecil dan menengah dimasa pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(1), 110-119.

Suharto, E. (2009). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat: Kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Bandung: Refika Aditama.

Trihastuti, A., Mundari, S., & Yuliaty, E. (2022, August). Pendampingan dan pelatihan usaha pada ukm bu indah. In PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 97-102).

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v6i2p84-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.