Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Website Bagi Guru SMK

Siti Utami Dewi Ningrum, Mutia Kamalia Mukhtar, Nisa A'rafiyah Tri Wulandari, Ary Purwantiningsih, Fitra Jaya, Sucipto Sucipto

Abstract


Pelatihan pengembangan bahan ajar interaktif berbasis website menjadi kebutuhan penting bagi guru SMK Plus An-Nuur dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Kegiatan ini bertujuan untuk merancang dan melaksanakan pelatihan tersebut dengan fokus pada pengembangan bahan ajar yang interaktif dan berbasis website. Metode pelatihan melibatkan pendekatan praktis dan interaktif, memungkinkan guru untuk memahami konsep, perancangan, dan implementasi bahan ajar berbasis website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar interaktif. Para peserta juga termotivasi untuk mengembangkan Bahan Ajar Interaktif dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Evaluasi partisipan juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelatihan ini. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lain dalam merancang dan melaksanakan pelatihan serupa, serta meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di lingkungan pendidikan..

 

Kata kunci Bahan Ajar Interaktif, Pelatihan Guru, Pembelajaran Digital, Pembelajaran Jarak Jauh

 

Abstract

 

Website-based interactive teaching material development training is an important requirement for SMK Plus An-Nuur teachers in improving the quality of learning in the digital era. This program aims to design and implement this training with a focus on developing interactive and website-based teaching materials. The training method involves a practical and interactive approach, enabling teachers to understand the concept, design and implementation of website-based teaching materials. The research results show that this training is effective in increasing teachers' knowledge and skills in developing interactive teaching materials. The participants were also motivated to develop interactive teaching materials in teaching and learning activities at school. Participant evaluations also show a high level of satisfaction with this training. It is hoped that the results of this research can become a reference for other educational institutions in designing and implementing similar training, as well as increasing the use of technology in learning in educational environments.

 

Keywords Interactive Teaching Materials, Teacher Training, Digital Learning, Distance Learning


Full Text:

PDF

References


Aryanti, E. D., & Arief, M. (2021). Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p24-33

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Damarjati, D. (2020, August 30). Solusi Nadiem untuk siswa yang tak punya gadget: Sekolah gunakan BOS. https://news.detik.com/

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Habibah, N., & Oktavia, D. (2022). Pengembangan bahan ajar smart digital book “Belajar dan Pembelajaran”. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 340–346. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.992

Jannah, L., & Basuki, Y. (2020). Digitalizing coursebooks? Why not. Bright: A Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(2), 1–13.

Jenkins, R. (2017, January 11). 4 Reasons generation Z will be the most different generation. https://www.inc.com/ryan-jenkins/who-is-generation-z-4-big-ways-they-will-be-different.html.

Khasanah, I. (2011). Pengembangan modul digital sebagai bahan ajar Biologi untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Jember.

Lilis. (2019). Pengembangan bahan ajar digital pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 156–168.

Mawaddah, S. A., & Puspasari, D. (2021). Hambatan guru pada saat melakukan pembelajaran daring selama work from home (WFH) di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Edukasi, 8(2), 1–10.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nadhifah, Q. (2022). E-book dalam sistem pendidikan 4.0 di indonesia pada tingkat pendidikan tinggi era Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 9(1), 41. https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.33894

Natsir, I., Taufik, A. R., & Ruslau, M. F. V. (2022). Pelatihan pembuatan buku digital berbantuan flipbook maker sebagai bahan ajar inovatif bagi guru di SMP Negeri Buti. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.46306/jub.v2i1.52

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar digital berbasis multimedia interaktif untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Karinov, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Susanti., Bahtiar, M. D., Hakim, L., & Arif, A. (2024). Peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran multimedia interaktif articulate storyline 2. Jurnal Karinov, 7(1), 24–29.

Tulgan, B. (2013). Meet generation Z: The second generation within the giant "Millennial" cohort, preuzeto 10. kolovoza 2021. s https://grupespsichoterapija.

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 92–98. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092

Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik Covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 75. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.901




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v7i1p054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.