Pengembangan Sosial Media Bisnis sebagai Peningkatan Daya Saing Digital UMKM Kampung Batik
Abstract
Kampung Batik laweyan memiliki eksistensi daerah yang dikenal dalam sejarah Batik Indonesia, namun meskipun sudah menjadi salah satu destinasi belanja di Kota Surakarta, masih terdapat permasalahan dasar yang berhubungan dengan pemasaran digital yaitu minimnya penggunaan platform social media yang berbasis bisnis. Program pengabdian masyarakat ini pun diberikan guna menjawab problematika tersebut dan mendukung program pemerintah “UMKM Naik Kelas dan UMKM GO Digital” dengan memberikan pelatihan startegi pembuatan social media bisnis. Metode yang digunakan berupa dalam kegiatan ini berupa: Pertama, memberikan pelatihan oleh pakar; Kedua, monitoring selama dua bulan terkait materi yang disampaikan dalam pelatihan. Hasil pengabdian ini adalah peserta mampu melakukan pemasaran online melalui social media bisnis dengan konten-konten yang bisa menarik minat pembeli. Kegiatan ini diikuti oleh 15 UMKM Desa Laweyan dengan antusias dan efektif.
Kata kunci— Daya Saing, Laweyan, Kampung Batik, Sosial Media Bisnis, Strategi Pemasaran Digital
Abstract
Laweyan Batik Village has a regional existence known in the history of Indonesian Batik, even though it has become one of the shopping destinations in Surakarta City, there are still basic problems related to digital marketing, namely the lack of use of business-based social media platforms. This community service program was also given to answer these problems and support the government's program “UMKM Naik Kelas dan UMKM Go Digital” by providing strategic training on making business social media. The methods used for this program are: First, providing training by experts; Second, monitoring for two months related to the material delivered in the training. The result of this dedication is that participants are able to do online marketing through business social media with content that can attract buyers. This activity was attended by 15 MSMEs in Laweyan Village enthusiastically and effectively.
Keywords— Competitiveness, Laweyan, Batik Village, Social Media Business, Digital Marketing Strategy
Full Text:
PDFReferences
Asriati, A., Mamonto, M. A. W. W., & Ramadani, R. (2023). Formulasi kebijakan sektor pariwisata: pemberdayaan dan peningkatan perekonomian pelaku usaha. UNES Law Review, 5(4), 3463-3485.
Bank Indonesia, (2022, Mei 31). Go digital strategi memperkuat UMKM 2022. BI. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Go- Digital-Strategi-Memperkuat-UMKM.aspx
Kominfo, Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (2022, Maret 4). UMKM Naik Go Kelas, Digital. UMKM https://www.kominfo.go.id/content/detail/41205/umkm-naik-kelas-umkm-go- digital/0/artikel
Meire, M., Hewett, K., Ballings, M., Kumar, V., & Van den Poel, D. (2019). The role of marketer-generated content in customer engagement marketing. Journal of Marketing, 83(6), 21-42.
Monsuwé, T. P., Dellaert, B. G., & De Ruyter, K. (2004). What drives consumers to shop online? A literature review. International Journal of Service Industry Management, 15(1), 102-121.
Mulia, V. B. (2021). Memahami dan mengelola dampak pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 20(1), 75-85.
Rakhmad, A. A. N., Kurniawan, D. T., Prameka, A. S., & Anugrahani, I. S. (2022). Strategi e-marketing produk olahan kelapa virgin coconut oil (VCO) pada pelaku UMKM desa Gajahrejo Kabupaten Malang. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76-82
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327-337)
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v7i2p109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Karinov at: