Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Akuntansi Bagi Guru Sekolah Indonesia Davao Filipina

Dian Anita Nuswantara, Raya Sulistyowati, Heni Mulyani, Fitrina Kurniati, Wulan Iyhig Ratna Sari, Friyanto Friyanto, Djoewita Djoewita, Selfiah Selfiah, Fannie Sugangga, Ayatulloh Michael Musyaffi, Hafifah Nasution

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat internasional adalah kegiatan yang melibatkan kolaborasi lintas negara untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui transfer ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan. Program pengabdian kepada masyarakat internasional ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar akuntansi jasa di Sekolah Indonesia Davao Filipina. Kegiatan ini melibatkan berbagai workshop dan pendampingan intensif untuk para guru, dengan fokus pada pengembangan materi ajar akuntansi jasa yang sesuai dengan kurikulum dan konteks setempat. Pendekatan yang digunakan mencakup identifikasi masalah, persiapan dan koordinasi, sosialisasi program, pelaksanaan pendampingan secara daring dan luring, diskusi kelompok, serta evaluasi berkelanjutan guna memastikan keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan dengan efektif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru untuk merancang modul ajar yang inovatif dan relevan, serta peningkatan pemahaman mereka tentang konsep-konsep akuntansi jasa. Dampak positif lainnya termasuk terbentuknya jaringan kerja sama yang lebih kuat antara pengajar di kedua negara, serta peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di Sekolah Indonesia Davao, Filipina.

 

Kata kunci—Pengabdian, Keterampilan guru, Pendampingan, Workshop

 

Abstract

 

An international community service program involves cross-country collaboration to make a tangible contribution to society through the transfer of knowledge, technology, and skills. This international community service program aims to enhance the skills of teachers in developing teaching modules for service accounting at the Indonesian School in Davao, Philippines. This activity includes various workshops and intensive mentoring for teachers, focusing on the development of service accounting teaching materials that are aligned with the local curriculum and context. The approach used encompasses problem identification, preparation and coordination, program socialization, online and offline mentoring implementation, group discussions, and continuous evaluation to ensure the acquired skills can be effectively applied. The results of this program show a significant improvement in teachers' ability to design innovative and relevant teaching modules, as well as an increased understanding of service accounting concepts. Other positive impacts include the formation of stronger collaborative networks between educators in both countries and an improvement in the quality of accounting education at the Indonesian School in Davao, Philippines.

 

Keywords Community service, Teacher Skill, Mentoring, Workshop


Full Text:

PDF

References


Dwiyatno, S., Krisnaningsih, E., Sulistiyono, Wiji Wahyuningrum, R., & Dyah Juniarti, A. (2022). Peningkatan kompetensi guru pesantren melalui pendampingan pembuatan buku ajar kreatif dan inovatif. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1641–1651. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11633

Fadlilah, A. H., Mulyadi, M., Mustika, I. M., Khadijah, K., & Richmayati, M. (2023). Pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi siswa paket C pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sahabat cendekia Batam. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 249–257. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2622

Havifah, B., Khosiyono, C., Retnaningsih, R., & Wibowo, K. A. (2023). Pelatihan penyusunan instrumen penilaian berbasis e-modul interaktif bagi guru dan siswa Mi Muhammadiyah Srebegan Ceper Klaten. Jurnal Pemantik, 2(2), 87–94.

Marhaeni Salsiyah, S., Setyo Nugroho, B., Sulistiyani, E., Ayuwardani, M., Prasetya, B., Eka Sadriatwati, S., Adie Setyawan, N., Utami, H., Bisnis, A., & Negeri Semarang, P. (2024). Peningkatan kompetensi manajemen logistik sebagai upaya pengembangan kurikulum manajemen perkantoran dan layanan bisnis di SMK Negeri 9 Semarang. Communnity Development Journal, 5(2), 3695–3703.

Mulyani, R. (2023). Peningkatan kemampuan penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa di sekolah menengah atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(2), 156–164.

Ninin Wisnantiasri, S., Prasetiyo, Y., Paramitha, D., Nugraheni, N., & Zuhroh, S. (2023). Penyuluhan dan pendampingan meningkatkan keterampilan dan pemahaman akuntansi siswa-siswi SMAN 4 Tangerang Selatan. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pancasila, 3(1), 14–25.

Romijn, B. R., Slot, P. L., & Leseman, P. P. M. (2021). Increasing teachers’ intercultural competences in teacher preparation programs and through professional development: A review. In Teaching and Teacher Education (Vol.98).ElsevierLtd.https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103236

Sulistyowati, R., Sudarwanto, T., Rakhmawati, D. Y., Fahrullah, A., Maula, F. I., Mahendra, A. M., & Amaliyah, K. (2023). Pelatihan program digital marketing dan e-commerce sebagai peningkatan keterampilan ekonomi kreatif. Madaniya, 4(4), 1834–1843.

Syaifuddin, A., & Najihah, A. (2023). Pendampingan strategi peningkatan kemampuan memahami materi ekonomi-akuntansi siswa program studi IPS Ma.Ma 7 Banjarwati Paciran Lamongan Jawa Timur. Keris: Journal of Community Engagement, 3(2), 115–126.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan pembuatan konten digital marketing dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v7i2p079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.