PELATIHAN PENGGUNAAN DEVICE OBD II KE USB UNTUK DIAGNOSA (DTC) DAN PENGUKURAN (PID) PADA MESIN KENDARAAN DI BENGKEL MOBIL SATRIA MOTOR KOTA MALANG

Paryono Paryono, Mardji Mardji, Sumarli Sumarli, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Kendaraan hari ini memiliki banyak dibangun di sistem komputer yang mengendalikan bagian-bagian mobil seperti bahan bakar, injeksi, air bag atau rem. Semua sistem ini dikendalikan oleh salah satu dari beberapa Electronic Control Unit (ECU). Kesulitan mendiagnosa kesalahan sistem pada mesin kendaraan EFI dengan scantool buatan pabrik kerap terjadi, dengan memiliki sistem OBD adalah memudahkan untuk mendiagnosa kesalahan itu terjadi di dalam kendaraan. Keuntungan dari sudut pandang keberlanjutan adalah emisi kendaraan dapat dikurangi dengan menemukan dan memperbaiki masalah, yang membuat tingkat emisi kendaraan naik, yang sebaliknya mungkin tidak menunjukkan gejala yang nyata kepada pengguna. Rencana luaran yang akan dihasilkan untuk pengabdian kepada masyarakat ini adalah prototipe alat/device OBD II Ke USB Untuk Diagnosa (DTC) dan Pengukuran (PID) Pada Mesin Kendaraan EFI. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: 1) pengumpulan data: analisis situasi masyarakat; 2) survey lokasi bengkel mobil: menentukan khalayak sasaran; 3) pembuatan proposal: a) menentukan bidang masalah, b) mengidentifikasi masalah, c) menentukan tujuan kerja, d) merencanakan pemecahan masalah, e) mencari alternatif pemecahan masalah; 4) merancang bangun device OBD II ke USB; 5) menguji-coba device OBD II ke USB di laboratorium; 6) mengumpulkan data peserta penerapan hasil rancang bangun di lapangan; dan 7) menerapkan hasil rancang bangun di lapangan.

Full Text:

PDF

References


Hentschel, A. & Nordlander, E. 2013. Design of an information system for vehicle diagnostic trouble codes. Tesis tidak diterbitkan. Goteborg, Sweden: Department of Computer Science and Engineering Division of Networks and Systems CHALMERS UNIVERSITY OF TECHNOLOGY.

Anonim. 2005. Buku Pedoman Pemilik Honda. Jakarta:PT. Astra Honda Motor.

Anonim. 2014. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Mekanik Pemula Engine EFI Level II berbasis KKNI. Jakarta:Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Beni, S.N. 2005. Modul Tune-up Mesin EFI. Yogyakarta:Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Ibnu, S. 2008. Kesiapan Siswa Kelas III SMKN 2 Depok Mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Otomotif Tune Up. Skripsi. FT UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i1p26-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.