PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU SMA 5 KEDIRI

Sopiah Sopiah, Achmad Murdiono, Jefri Aulia Martha, Surya Hadi Prabowo, Fitriana Fitriana

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1)Memberikan pendidikan dan pelatihan tentang pengembangan bahan ajar (menulis silabus, rpp, buku ajar melaui media kvisoft flipbook maker, lks, modul, hand out) kepada peserta pelatihan (bapak/ibu guru), (2) Meningkatkan motivasi dan sikap mental yang baik, untuk menyusun sendiri bahan ajar. Pengabdian masyarakat  ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kediri, Jl. Selomangleng, No.2 Sukorame, Mojoroto ,Kediri, Jawa Timur. Mitra pada kegiatan ini yaitu SMA Negeri 5 Kediri.  Metode dalam pengabdian masyarakat ini yaitu: (1) Menganalisis situasi dan kebutuhan, (2) Setelah menganalisis siatusi dan kebutuhan maka selanjutnya  adalah menetapkan tujuan PKM, (3) Mendisain model pelatihan, pendampingan dan workshop, (4) Validasi ahli, (5) Implementasi, (6) Evaluasi Hasil pada kegiatan ini meliputi: (1) para peserta memahami dan bisa membuat bahan ajar berupa modul, lks, media pembelajaran berbasis multimedia,  (2) motivasi para peserta untuk membuat bahan ajar sendiri meningkat.

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. 2007. Perencanaan Pembelajaran.Bandung.TP Rosdakarya.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Sosialisasi KTSP.

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional.2008.Pengembangan Materi Pembelajaran.Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Mengengah. Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.

Mbulu,J dan Suhartono.2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang:Elang Mas.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i1p52-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.