PENINGKATAN OMSET PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA USAHA KECIL MENENGAH ALAS KAKI BERBAHAN KULIT

Sugeng Hadi Utomo, Vika Annisa Qurrata, Vidya Purnamasari, Linda Seprillina

Abstract


Social commerce seperti Facebook, Instagram dan Twitter menjadi beberapa pilihan yang terbaik dalam proses jual beli. Masyarakat menyukai hal tersebut karena kemudahan dalam bertransaksi dan mudahnya akses dalam melihat produk yang ditawarkan. Denan adanya media sosial, akan banyak membantu Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) seperti yang ada di kota Malang. Kota Malang memiliki potensi UMKM alas kaki yang sedang berkembang. Namun selama ini mereka terlalu berfokus pada produksi sementara mereka lemah dalam hal pemasaran. Metode pemasaran yang sering dilakukan adalah melalui metode direct selling, yang mana memakan biaya yang lebih tinggi, tidak efektif dalam penjualan produk serta omset yang didapatkan juga terbatas. Metode pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan UKM adalah dengan meningkatkan kompetensi para pengusaha pembuat alas kaki melalui pelatihan penggunaan media sosial. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dalam pemasaran produk alas kaki berbahan kulit kombinasi kain tradisional di Kecamatan Blimbing, Kota Malang memiliki dampak yang signifikan dalam peningkatan omset penjualan. Evaluasi dari pelatihan ini adalah terbatasnya waktu pelatihan sehingga belum semua metode penjualan di media sosial dapat di terapkan.

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. and Armstrong, G., 2010. Principles of marketing. Pearson education.

Xi, H., Hong, Z., Sun, J., Li, X., Wei, J. and Davison, R., 2016, June. Impulsive Purchase behaviour in Social Commerce: the Role of Social Influence. In PACIS (p. 364).

Li, D.C., 2011. Online social network acceptance: a social perspective. Internet Research, 21(5), pp.562-580.

Liang, T.P. and Turban, E., 2011. Introduction to the special issue social commerce: a research framework for social commerce. International Journal of electronic commerce, 16(2), pp.5-14.

Park, H. and Kim, Y.K., 2014. The role of social network websites in the consumer– brand relationship. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(4), pp.460467.

www.BPS.go.id

www.BI.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i1p57-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.