Pengembangan Variasi Model Latihan Dribbling Sepakbola untuk Atlet Usia 13-15 Tahun

M. Randi Eka Saputra, Moch. Yunus

Abstract


Penelitian yaitu mengembangkan 7 model latihan dribbling dalam teknik dasar sepakbola. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan meliputi  (1) analisis kebutuhan (2) mengembangkan produk awal(3) tinjauan ahli atau evaluasi ahli (4) uji coba produk awal (kelompok kecil) (5) revisi produk awal berdasarkan kegiatan uji coba kelompok kecil(6) uji coba lapangan (uji kelompok besar) (7) revisi produk akhir berdasarkan uji coba kelompok besar. Subyek uji coba yang digunakan adalah 10 peserta latihan untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 atlet untuk uji coba kelompok besar pada atlet SSB Anoman FC Pakis. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang diberikan kepada atlet. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 7 variasi model latihan dribbling ”Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa model latihan yang diberikan dapat memenuhi tujuan dari penelitian yaitu diharapkan bisa dijadikan referensi pelatih SSB, untuk meningkatkan kemampuan dribbling atlet SSB juga lebih bersemangat mengikuti latihan.


Keywords


model latihan, dribbling, sepakbola

Full Text:

PDF

References


Arikunto dan Jabar. (2010:35). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Bina Aksara.

A Vai - Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan 2017. Hubungan Kelincahan Dan Kelenturan Dengan Kemampuan Dribbling Sepakbola Tim Sman 1 Sedinginan Kecamatan Tanah Putih. (online) https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/13993. Diakses Pada Desember 2017

AZ Utama, E Hariyanto, IN Sudjana - Jurnal Pendidikan Jasmani, 2016. Pengaruh Latihan Kelincahan dan Kelentukan terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola SSB PAS-ITN Kabupaten Malang. (online) http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/view/4887. Diakses Pada Desember 2017.

Borg dan Gall. (1983:9). Educational Research: An Introduction (5th ed.). London: Longman Inc.

F Aprianova, I Hariadi - Performance, 2017. drill method, basic techniques dribble, football. (online) http://journal2.um.ac.id/index.php/jko/article/view/908. Diakses Pada Desember 2017.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta:P2LPTK.

JJ Sapulete - Jurnal ILARA, 2012. Hubungan Kelincahan dan Kecepatan dengan Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMK Kesatuan Samarinda. (online) https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+tentang+sepakbola&btnG. Diakses Pada Desember 2017.

Luxbacher, J. 2013. Soccer Practice Games. Human Kinetics.

Misi Suherman, NPNWN Wijayanti - Jurnal Online Mahasiswa 2015. Pengaruh Latihan Dribbling Shielding Fundamental Terhadap Koordinasi Dribble Pada Klub Sepakbola (Ssb) Chevron Rumbai U-12. (online) https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/5997. Diakses Pada Desemember 2017.

R Ifitrah, S Hardwis - Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2017.Korelasi antara Keseimbangan Dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Kemampuan Dribble Pada Permainan Sepakbola Mini. (online) http://ejournal.upi.edu/index.php/JTIKOR/article/view/7997. Diakses Pada Desember 2017.

Soekatamsi. 1992. Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Solo: Tiga Serangkai.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um077v3i12019p8-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 M. Randi Eka Saputra, Moch. Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Performance Journal is indexed by:

sinta-logogooglegaruda 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Visitor Stats