Hubungan Antara Panjang Lengan dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Lemparan Kedalam pada Siswa

Akhmad Faizin, Imam Hariadi

Abstract


Lemparan kedalam (throw in) merupakan unsur penting dalam sepak bola. Lemparan kedalam yang baik harus memiliki panjang lengan dan kekuatan otot lengan yang baik pula. Panjang lengan dan kekuatan otot lengan adalah faktor penting dalam melakukan lemparan kedalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara panjang lengan terhadap lemparan kedalam, hubungan antara kekuatan otot lengan terhadap lemparan kedalam dan hubungan antara panjang lengan dan kekuatan otot lengan terhadap lemparan kedalam pada siswa SSB PERSEDAPIM Kota Batu.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan melibatkan variabel bebas yaitu panjang lengan dan kekuatan otot lengan, serta variabel terikat yaitu lemparan kedalam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB PERSEDAPIM U-17 yang berjumlah 20 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah population sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran panjang lengan (depdiknas), tes Push up (Arsil, 2010) dengan validitas 0,94 dan reliabilitas 0,93, dan tes lemparan kedalam (Arsil, 2010) dengan validitas 0,78 dan reliabilitas 0,73. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan lemparan kedalam  (rhitung = 0,67 > rtabel = 0,444), (2) ada hubungan yang signifikan antara keuatan otot lengan dengan lemparan kedalam (rhitung = 0,653 > rtabel = 0,444), (3) ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dan kekuatan otot lengan terhadap lemparan kedalam (Fhitung = 10,05 > Ftabel 5% = 3,59).

            Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan, ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan lemparan kedalam didapatkan rhitung sebesar 0,67, dengan demikian interprestasi hubungan dalam kategori sedang dan hubungan tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif. Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan lemparan kedalam didapatkan rhitung sebesar 0,653, dengan demikian interprestasi hubungan dalam kategori sedang, dan hubungan tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif, dan ada hubungan antara kedua variabel tersebut yaitu hubungan antara panjang lengan dan kekuatan otot lengan terhadap lemparan kedalam dalam permainan sepak bola.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Akhmad Faizin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Performance Journal is indexed by:

sinta-logogooglegaruda 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Visitor Stats