Pembelajaran Renang Gaya Dada dengan Pendekatan Metode Inklusi

Reo Prasetiyo Herpandika, Wing Prasetya Kurniawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar renang gaya dada. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Penjaskesrek Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun angkatan 2019/2020 dengan menggunakan metode mengajar inklusi. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa reguler kelas A dan B sejumlah 60 mahasiswa. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdapat empat sesi antara lain; (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hasil pembelajaran renang gaya dada melalui pendekatan metode inklusi. Metode inklusi dapat dijadikan referensi untuk mengajar matakuliah renang kepada mahasiswa ditahun ajar berikutnya

Kata kunci: Renang, Gaya dada, Inklusi.

 

Abstract

This study aims to describe the process of improving the learning outcomes of breaststroke swimming. The subjects in this study were students of the Penjaskesrek Study Program, Nusantara University PGRI Kediri Year 2019/2020 class using the inclusion teaching method. The subjects of this study were 60 A and B class regular students. This research will be conducted using classroom action research methods. This study consisted of 2 cycles and each cycle contained four sessions including; (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. Data analysis techniques used in this study were descriptive qualitative and quantitative. The results of the study showed that there was an increase in the learning outcomes of breaststroke swimming through the inclusion method approach. The inclusion method can be used as a reference for teaching swimming subjects to students in the next teaching year.


 


Keywords


Renang, Gaya dada, Inklusi.

Full Text:

PDF

References


Amansyah, Sitorus, B., Raswin. 2014. Upaya peningkatan pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pemberian gaya mengajar inklusi pada mahasiswa jurusan pko reg. B angkatan 2010 fik-unimed 2012. Jurnal ilmu keolahragaan (Online). Vol. 13 No.1 (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/6082), diakses 29 November 2019.

Chueachot, S., Srisa-Ard, B., & Srihamongkol, Y. 2013. The development of an assessment for learning model for elementary classroom. International Education Studies (Online), Vol. 6 No. 3 (http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/28819), diakses 15 Februari 2020.

Mohnsen, B. S. 2008. Teaching middle school physical education. United States: Human Kinetics.

Mosston M dan Ashworth S. 2002. Teaching Physical Education. First Online Edition.

Mulyaningsih, F. 2008. Efektivitas pembelajaran senam pada Prodi Pjkr FIK UNY. Jurnal pendidikan jasmani Indonesia (Online), Vol. 5. No. 2 (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/458), diakses Maret 2020.

Sahabul, Adri. 2015. Upaya meningkatkan hasil long pasing dalam permainan sepakbola dengan menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Penjaskesrek (Online), Vol. 2 No 2 (https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/909), diakses April 2020.

Simamora, R. H. 2009. Buku ajar pendidikan dalam keperawatan (K. EGC, ed.). Jakarta: (IKAPI).

Supriyanto, A. 2013. Pedoman identifikasi pemanduan bakat istimewa cabang olahraga renang. Yogyakarta: Asosiasi Pelatih Olahraga Indonesia.

Suryobroto, Agus. S. 2001. Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta : FIK UNY.

Susanto, E. 2014. Pembelajaran akuatik prasekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Suwarsih, Madya. 2006. Teori dan praktek Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Bandung : Alfabeta.

Yanuar, Eka. 2018. Meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui gaya mengajar inklusi bagi mahasiswa pjkr fkip Universitas suryakancana cianjur. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani kesehatan dan rekreasi (Online), Vol. 08 No. 2 (https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo/article/view/928), diakses Mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um077v4i12020p1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reo Prasetiyo Herpandika, Wing Prasetya Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesia Performance Journal is indexed by:

sinta-logogooglegaruda 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Visitor Stats