PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT

Siti Nurul Azimi, Purwanto Purwanto, Abadyo Abadyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penalarananalogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII SMPN 2 Malang. Pemilihan subjek berdasarkan kemampuan matematika siswa yang terdiri dari siswa kategori tinggi, rendah dan sedang. Kemampuan matematika siswa dilihat dari nilai raport matematika semester sebelumnya dan berdasarkan rekomendasi dari guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes penalarananalogi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menggambarkan bahwa siswa kategori tinggi mampu melakukan semua komponen penalaran analogi baik pada pengodean  (encoding),penyimpulan (inferring), pemetaan (mapping) maupun penerapan (applying) dengan baik. Siswa kategori sedang cendrung mengalami hambatan penalaran analogi pada komponen pemetaan (mapping) dan penerapan (applying). Siswa kategori rendah mengalami hambatan pada semua komponen penalaran analogi baik pada pengodean  (encoding),penyimpulan (inferring), pemetaan (mapping) maupun penerapan (applying).


Full Text:

[Download PDF]

References


Alamsyah. 2009. Suatu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan PenalarananalogiMatematika. Tesis UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Alexander, P.A. & Buchl, M.M. 2004. Seeing the Possibilities, Constructing and Validating Measures of Mathematical and Analogical Reasoning for Young Children. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Anggraeni, Y. 2012. Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Tesis Tidak Diterbitkan , Bandung: PPs UPI Bandung.

Chaplin, C. P. 1989. Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Rajawali Press. Jakarta.

English, L. D. 1999. Reasoning by Analogy, Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

English, L. D. 2004. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learner. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Goswami, U. 2004. Analogical Reasoning. Child Development 62.

Jane, M. S. 2006. Developing Geometric Reasoning. WashingtonDC:GED Mathematics Training Institute.

Kariadinata, R.(2001). Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Analogi

Matematika Siswa SMU melalui Pembelajaran Kooperatif. Tesis UPI Bandung : Tidak dipublikasikan

Katagiri, S. 2012. Mathematical Thingking. Singapura: World Scientific.

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Markivist, H., Doyon, C. 2011. Using Analogy to Improve Abstract Conditional Reasoning in Adolescents: Not as Easy as It Looks. European Journal of Psychology of Education, 26 (3): 355-372.

Mofidi, S. 2012. Instruction of Mthematical Concepts Through Analogical Reasoning Skill, Indian Journal of Science and Technology, 5: 2916-2923.

Moleong, J Lexy 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasoetion, A. H. 2004. Nalar dan Hafal, mana Didahulukan?. Jakarta: Gramedia.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, Va: NCTM.

Ozerem. 2012. Misconception in Geometry and Suggested Solution for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sport & Science Education, 4 (1): 23- 35.

Priatna, N. (2003). Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 SLTP di Kota Bandung. Disertasi UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Salleh, M. (2013). Improving the Levels of Geometric Thingking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 2 No.1, 16-22: Malaysia technology University, Malaysia.

Sarjiman, P. (2006). Peningktan Pemahaman Rumus Geometri melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia: http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/393/pdf. [26 april 2015]

Sasanti, R.D. 2005. Pembelajaran dengan Analogi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Tidak dipublikasikan, Tesis Unesa Surabaya: Unesa Surabaya.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunzuma. (2013). Secondary School Students’ Attitudes towards their Learning of Geometry: A Survey of Bindura UrbanSecondary Schools. Greener Journal of Educational Research, Vol. , 402-410: Bindura University of Sciene education, Bindura Zimbabwe.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v1i22017p144-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Nurul Azimi, Purwanto Purwanto, Abadyo Abadyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats