PENGGUNAAN BAHAN MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Rifaatul Mahmudah, Abdur Rahman Asari, Sisworo Sisworo

Abstract


Setiap siswa harus belajar matematika dengan pemahaman (Ghazali, 2011). Salah satu cara meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar matematika adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahan manipulatif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas VII E di SMP IT Asy-syadzili Pakis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahan manipulatif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatka pemahaman siswa. Pada siklus I hasil tes akhir siswa menunjukkan 64,29 siswa memperoleh nilai lebih dari 70 meningkat pada siklus II 73,80% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70.

Full Text:

[Download PDF]

References


Barmby, dkk. 2007. How We Can Assess Mathematical Understanding? Proceedings of The 31st Conference of The International Group for The Psychology Mathematics Education , vol. 2 pp. 41-48.

Cabahug, Jerr A. 2012. The Use of Bruner’s Modes of Representations in Teaching Factoring Second-Degree Polynomials. International Journal of Education. Vol. 1

Cope, L. 2015. Math Manipulative: Making the Abstract Tangiable. Delta Journal of Education , Volume 5, Issue 1.

Ghazali, N. C. 2011. Student's Procedural and Conceptual Undertanding of Mathematics. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5 (7) : 684-691, ISSN 1991-8178.

Jones, F., Harris, S. 2012. Benefits and Drawbacks of Using Multiple Instructors to Teach Single Courses. Routledge taylor and Francis group. ISSN: 8756-7555.

Lambas dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi (mata pelajaran matematika). Jakarta: Bagian Proyek Pengambangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP.

Marshall, L., & Swan, P. 2008. Exploring The Use of Mathematics Manipulative Materials : Is It What We Think It Is? EDU-COM International Conference.

Mitchelmore, M., & White, P. 2007. abstraction in Mathematical Learning. Mathematics Education Research Journal , Vol. 19, No. 2, 1-9.

Pirie, S.&Martin, L. 2000. The Role of Collecting in the Growth of Mathematical Understanding. Mathematics Education Research Journal, Vol. 12, No. 2, 127-146.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Silberman, Melvin L. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Silver, H.F., dkk. 2013. Pengajaran Matematika Kurikulum Inti Bersama. Jakarta: Indeks.

Stylianides, A.J&Stylianides, G.J. 2007. Learning Mathematics with Understanding: A Critical Consideration of the Learning Principle in the Principles and Standards for School Mathematics1. The Montana Mathematics Enthusiast, ISSN 1551-3440, Vol. 4, no.1, pp. 103-114

Suherman, H.E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yusof, Jamilah.2013. The Role of Manipulatives in Enhancing Pupils’ Understanding on Fraction Concepts. Internatiosnal Journal for Infonomics (IJI), Volume 6, Issues ¾.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p39-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rifaatul Mahmudah, Abdur Rahman Asari, Sisworo Sisworo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats