PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA PADA MATERI PELUANG DI SMA KELAS XII
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan penalaran siswa pada materi peluang di SMA kelas XII yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Dick and Carey. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS. RPP dan LKS disusun dengan mengacu pada pendekatan saintifik yang memuat 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengomunikasikan). LKS yang disusun juga memuat langkah penalaran model Polya yaitu: 1) pengamatan terhadap suatu permasalahan, 2) perumusan dugaan dari permasalahan tersebut, 3) generalisasi, dan 4) verifikasi dugaan menggunakan permasalahan baru. Dari penelitian ini telah dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.
Keywords: pendekatan saintifik, penalaran model Polya, model Dick and Carey, peluang
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v4i22020p57-63
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yusma Ria Zulaicha, Makbul Muksar, Abdur Rahman As'ari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License