PROSES METAKOGNISI TAHAP EVALUATION SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

mohammad sholeh

Abstract


Metakognisi sebagai kesadaran peserta didik, pertimbangan, pengontrolan terhadap proses serta strategi kognisi milik dirinya. Metakognisi memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika dan pemecahan masalah matematika. Terlebih dalam menentukan kualitas hasil pemecahan masalah maka siswa dapat dikatakan mengalami proses metakognisi jenis evaluation. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses metakognisi tahap evaluation pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTsN 5 Jombang Jawa Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Proses  metakognisi yang dimunculkan siswa saat mengerjakan soal PISA secara individu dan wawancara setelah mengerjakan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengalami proses metakognisi tahap evaluation rata-rata lebih tertarik untuk mengoreksi/menilai kembali langkah-langkah penyelesiannya, sedangkan siswa yang mengalami proses metakognisi tahap regulation mereka merasa lebih yakin terhadap jawaban yang diperolehnya.

Keywords: Metakognisi, PISA


Full Text:

[Download PDF]


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p26-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 mohammad sholeh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats