Lesson study: Penerapan pembelajaran kooperatif berdiferensiasi untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi siswa
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu yang mempengaruhi kehidupan manusia, karena sebagai alat untuk menentukan kualitas manusia. Untuk mewujudkan kualitas manusia yang baik, pemerintah telah melakukan berbagai upaya diantaranya dengan adanya kurikulum merdeka dan mewujudkan profil pelajar pancasila. Kehidupan yang dihadapi oleh peserta didik di masa mendatang semakin menantang dan kompleks, sehingga diperlukan keampuanberpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kerja sama. Selama Pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring kurang lebih selama dua tahun. Ketika pembelajaran daring kegiatan kolaborasi dan komunikasi yang dilakukan oleh siswa sangat minim hal ini berdampak pada kemampuan kolaborasi dan komunikasi siswa yang rendah. Melalui lesson study dirancang pembelajaran secara kooperatif berdiferensiasi untuk meningkatkan kemapuan kolaborasi dan komunikasi siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi dan hasil pekerjaan siswa. Hasil penerapan pembelajaran yang telah dirancang dan diimplementasikan adalah ada peningkatan kolaborasi sebesar 65% dan peningkatan komunikasi sebesar 70 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz, R., Novezry, A. R., Siswoyo, S. R., Mustofa, M. H., & Hady, M. S. (2021). Students’ Social Care During the COVID-19 Pandemic: How Do School and Family Make Collaboration to Develop it? Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.36911
Güney, Z. (2019). Visual literacy and visualization in instructional design and technology for learning environments. European Journal of Contemporary Education, 8(1), 103–117. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.103
Karmokar, S. (2021). Depression and Behavioral Changes Associated with Social Media Dependency During COVID-19 Pandemic Among University Students in Bangladesh: A Cross- Sectional Study. Makara Journal of Health Research, 25(3). https://doi.org/10.7454/msk.v25i3.1303
Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayan, RIset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. Retrieved from jdih.kemendikbud.go.id
Leatham, K. R., Peterson, B. E., Stockero, S. L., & Van Zoest, L. R. (2015). Conceptualizing mathematically significant pedagogical opportunities to build on student thinking. Journal for Research in Mathematics Education, 46(1), 88–124. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.46.1.0088
Murdiningsih, D. S., & Mulyoto. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DAN KECEMASAN ORANG TUA Abstrak A . PENDAHULUAN Mayoritas lembaga pendidikan di Indonesia mengkonversi pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring atau Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) den, 1(1).
Ngang, T. K., & Sam, L. C. (2015). Principal Support in Lesson Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 205(May), 134–139. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.09.040
Owusu_Fordjour, C., Koomson, C., & Hanson, D. (2020). THE IMPACT OF COVID-19 ON LEARNING - THE PERSPECTIVE OF THE THE IMPACT OF COVID-19 ON LEARNING -. European Journal of Educational Studies, 7(June), 88–101. https://doi.org/10.5281/zenodo.3753586
Soboleva, E. V. (2019). Quest in a digital school: The potential and peculiarities of mobile technology implementation. European Journal of Contemporary Education, 8(3), 613–626. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.3.613
Tanujaya, B., & Mumu, J. (2020). Improvement of mathematics learning activity through lesson study. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012033
Thinwiangthong, S., Inprasitha, M., & Loipha, S. (2012). Adaptation of lesson study and open approach for sustainable development of students’ mathematical learning process. Psychology, 3(10), 906–911. https://doi.org/10.4236/psych.2012.310136
Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2), 124. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138
Webb, N. M., Franke, M. L., Ing, M., Turrou, A. C., Johnson, N. C., & Zimmerman, J. (2017). Teacher practices that promote productive dialogue and learning in mathematics classrooms. International Journal of Educational Research, (February), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.07.009
Webb, N. M., Franke, M. L., Ing, M., Turrou, A. C., Johnson, N. C., & Zimmerman, J. (2019). Teacher practices that promote productive dialogue and learning in mathematics classrooms. International Journal of Educational Research, 97(February), 176–186. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.07.009
Wieland, N., & Kollias, L. (2020). Online Learning Before, During and After COVID-19: Observations Over 20 Years. International Journal of Advanced Corporate Learning (IJAC), 13(2), 84. https://doi.org/10.3991/ijac.v13i2.16779
Zaslavsky, O. (2016). Facilitating Student Interactions in Mathematics in a Cooperative Learning Setting. Journal for Research in mathematics Education, 28(3), 331–354.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i12024p10-16
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andika Setyo Budi Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License