Upaya meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar menggunakan LKPD berbasis PBL

Achmad Firmansyah, Wahyu Henky Irawan

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan  Kelas XI Agama MAN Kota Pasuruan  yaitu menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan Fungsi Alajabar pada tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil observasi diperoleh kesimpulan bahwa kinerja siswa dalam mata pelajaran matematika kurang, guru masih menguasai pembelajaran, sedangkan siswa yang kurang paham biasanya tidak bertanya. Dari permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu mengenai upacaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar menggunakan LKPD berbasi PBL. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas XI Agama MAN Kota Pasuruan yang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu. perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Ada dua teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa  pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar menggunakan LKPD berbasis PBL meningkat. Hal ini berdasarkan hasil tes siklus I rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan LKPD berbasis PBL yaitu 81,5. Sedangkan siklus II rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan LKPD 83,5. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa. Kemudian selain LKPD, siswa juga diberikan soal tes untuk meningkatkan kemampuan individunya. Hasil rata-rata tes pada siklus I sebesar 85,7. Sedangkan hasil rata-rata tes pada siklus II adalah 88,9. Hasil dari pengujian LKPD dan tes pada masing masing siklus menyatakan meningkat walaupun presentase tidak besar yaitu masing masing 2,45% dan 3,7%. Penelitian serupa diharapkan dapat dilakukan untuk memberikan rekomendasi tentang upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan LKPD berbasis PBL pada materi yang lain

Keywords


kemampuan pemecahan masalah, aplikasi turunan fungsi aljabar, LKPD berbasis PBL

Full Text:

PDF

References


Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300

Budikusuma, S. N., Sutopo, & Wulandari, A. N. (2021). Pengembangan LKPD Materi Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 5(6), 299–309.

Burhanuddin, AG., & U. (2017). Ketuntasan belajar turunan fungsi aljabar melalui pembelajaran think pair share. 67–73.

Gelar, M., Pendidikan, S., & Aliya, Z. (2010). Jurusan tadris biologi fakultas tarbiyah institut agama islam negeri walisongo semarang 2010.

Nurdiyanto, T., Rafida, I., Nuhadila, A., & Winarni, S. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas Xi. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(1), 37. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2543

Permendikbud. (2013). Ministry of Education and Culture no.69 year 2013. 2013–2015.

Primandari, A. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. 267.

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Sari, T. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas XI-IPA SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 4(1), 27–36. https://doi.org/10.54583/apic.vol4.no1.50

Susilawati, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem-Bassed Learning Di Sman 2 Bandung. Pedagogia, 17(1), 67–79. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.16406

Zulfah, Fauzan, A., & A. (2018). Pengembangan lembar kerja peseta didik berbasis problem based learning untuk materi matematika kelas VIII. 33–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i12024p39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats