Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Barisan Aritmetika dan Geometri Kelas X
Abstract
Full Text:
[Download PDF]References
Afifah, A. 2015. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas X SMK Kesehatan Al – Yasini Pasuruan. Tesis tidak dipublikasikan.
Arifin.2014. Pengembangan Buku Siswa “Aljabar Awal” yang Vlid, Praktis, dan Efektif Bercirikan Penemuan Terbimbing. Seminar Nasional : Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran BermaknaTEQIP.Univertsitas Negeri Malang, Malang 1 Desember 2014.
Baig , S. & Halai, A. 2006. Learning Mathematical Rules with Reasoning.Eurasia Journal of Mathematics, Siciene and Technology Education, (Online), (www.ejmste.com/022006/d2.pdf.) , diakses 3 Februari 2015
Bani, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Penemuan Terbimbing. (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/2-Asmar_Bani.pdf) , diakses 20 Maret 2015.
Cobb, P. 2007. Where Is the Mind? Constructivist and Sociocultural Perspectiveson Mathematical Development. Educational Researcher, Vol.23, No.7,pp. 13-20.
Diezman, CM, Watters JJ, & English LD.2002. Teacher behaviours that influence young children's reasoning. In Cockburn, A D and Nardi, E, Eds. Proceedings 27th Annual Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education 2, pages 289-296. Norwich, UK
Eggen,P, Kauchak, D. 2010. Educational Psychology. Colombia : Pearson Education
Hobri.2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember : Pena Salsabila.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.
Kilpatrick, Swafford & Findel. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan penemuan Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendididkan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika Yogyakarta.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States : Reston, VA Author.
Plomp and Nieveen. 2007. Educational design-based research : An introduction. An Introduction to Educational Design-based research. Prosiding disajikan dalam seminar di East China Normal University, Shanghai, China, 23-26 November 2007: SLO Netherlands institute for curriculum development.
Purnomo,Y. 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan. Vol .41 No.1, Mei 2011. 37-54.
Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima : Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v1i12017p17-24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Izzatul Ulya, Ipung Yuwono, Abdul Qohar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:
Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License