Hubungan Sikap Ilmiah, Kebebasan Akademik, dan Etika Akademik dengan Budaya Akademik Mahasiswa
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to know about the attitude of the scientific, academic freedom, academic ethics and related cultural academic student at Universitas Negeri Malang (UM). This research uses research methods to quantitate with path analysis. Data collection is done using questionnaires, then analyzed with the description and path analysis. The results showed: (1) a direct relationship with the scientific attitude of academic culture on the UM students have a relationship that is “strong enough”; (2) a direct connection to academic freedom and academic culture on the UM students have a relationship that is “strong enough”; (3) a direct relationship with the academic culture of academic ethics at UM students have a “strong” relationship; (4) a direct relationship with the scientific attitude of academic freedom at the UM student had a “strong” relationship; (5) the direct relationship between the scientific and ethical attitude on the UM student academic has a “strong” relationship; (6) direct contacts with academic freedom academic ethics at UM students have a “strong” relationship; (7) an indirect relationship with the scientific attitude of variable academic culture through academic ethics at UM students have a “strong” relationship; (8) an indirect relationship with the academic freedom of variable academic culture through academic ethics at UM students have a “strong” relationship.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang sikap ilmiah, kebebasan akademik, dan etika akademik yang berhubungan dengan budaya akademik mahasiswa di Universitas Negeri Malang (UM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif dengan teknik analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan deskripsi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hubungan langsung sikap ilmiah dengan budaya akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “cukup kuat”; (2) hubungan langsung kebebasan akademik dan budaya akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “cukup kuat”; (3) hubungan langsung etika akademik dengan budaya akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “kuat”; (4) hubungan langsung sikap ilmiah dengan kebebasan akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “kuat”; (5) hubungan langsung antara sikap ilmiah dan etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “kuat”; (6) hubungan langsung kebebasan akademik dengan etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “kuat”; (7) hubungan tidak langsung variabel sikap ilmiah dengan budaya akademik melalui etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “kuat”; (8) hubungan tidak langsung variabel kebebasan akademik dengan budaya akademik melalui etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang “kuat”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariftianto, R. 2010. Budaya Akademik dan Etos Kerja, (Online), (jukurenshita.files.wordpress.com/.../budaya-akademik-etos-kerja.pdf), diakses 10 Desember 2015.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Brotowibowo, I., dkk. 1995. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Yayasan Swadaya.
Dardiri, A. 2003. Etika Akademik, (online), (staffnew.uny.ac.id), diakses 10 Februari 2017.
Dewi, R. M. 2010. Pengaruh Budaya Akademik dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Kinerja Profesional Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.
Gunawan, I. 2011. Pengaruh Kampus Terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Pembentukan Budaya Akademik, (Online), (http://inderagunawan.blogspot.com/ 2011/04/pengaruh-kampus-terhadap-perilaku.html), diakses pada 18 Januari 2017.
Heri, S. 2015. Peranan Etika Akademik di Perguruan Tinggi dalam Membentuk Sikap Ilmiah. Jurnal Al-Irsyad, V (1):2088-8341.
Icksan, A. 1985. Mahasiswa dan Kebebasan Akademik. Yogyakarta: PT. Hanindita Offset.
Mahendra, J. 2013. Etika dan Budaya Akademik, (online), (http://grafispaten.wordpress.com/2013/12/23/etika-dan-budaya-akademik/), diakses 25 Oktober 2016.
Muslich, M. 2008. Karya Tulis Ilmiah: Ciri dan Sikap Ilmiah, (online), (http://menulisbukuilmiah.blogspot.com/2008/10/karya-tulis-ilmiah-ciri-dan-sikap.html0), diakses 28 Oktober 2016.
Mustiningsih. 2011. Kebebasan Akademik bagi Lembaga, Dosen, dan Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23 (3): 234-250).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2012 tentang Statuta Universitas Negeri Malang, (online), (http://www.kopertis12.or.id/2013/06/29/kumpulan-permendikbud-tentang-statuta-ptn.html), diakses 1 November 2016.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Staff UGM, (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/ PP30-1990PendidikanTinggi.pdf), diakses 1 November 2016.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparlan, P. 1993. Etika Akademis (A. Agus Nugroho, Ed). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Surbakti, N. 2004. Kebebasan Akademik dan Otonomi Keilmuan Hukum di Indonesia. Jurisprudennce, 1 (2):158-178.
Undang-undang Republik Indonesia (UURI) No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan KOPERTIS III. (Online), (www.kopertis3.or.id/html/wpcontent/uploads/2011/ 04/ UU_NO_12_Thn_ 2012.pdf), diakses 6 November 2016.
Universitas Surabaya. 2013. Norma Akademik dan Etika Kampus, (online), (http://www.ubaya.ac.id/2013/current_students/content/moral_ethics.html), diakses 6 November 2016.
Wiyono, B. B. 2017. The Effect of Evaluation on The Principals’ Transformational Leadership, Teachers’ Work Motivation, Teamwork Effectiveness, and School Improvement. International Journal of Leadership in Education, (online), ISSN: 1360-3124 (Print) 1464-5092, (https://doi.org/10.1080/13603124.2017.1318960), diakses 27 April 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dwi Nur Nikmah
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.