Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah

Dwi Elok Kharismawati

Abstract


Abstract: The objective of this study describes the role of the principal: (1) as a manager in improving the quality of education; (2) as a leader in improving the quality of education; and (3) supporting and inhibiting factors in improving the quality of education, and solutions to the constraints faced. The method used in this study is a qualitative approach with a type of case study research. Data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. The results obtained from this study are: (1) the role of the principal as a manager in improving the quality of education is managing by doing planning, organizing, mobilizing, and evaluating; (2) the role of the principal as a leader in improving the quality of education is to monitor, mediate between teachers and students, discipline, motivate, innovate, liaise with outside parties, guide students in a sustainable manner, foster and improve teacher skills, and make decisions; and (3) supporting factors in improving the quality of education are the many relationships, support of the foundation, based on Islamic boarding schools and semi-modern nuances, students are free to choose, facilitate teachers; while the inhibiting factor is the collision of the system with service, frequent teacher turnover, certification policies, lack of awareness of school people, difficulty in implementing digital learning, team coordinators are not always available, data on foreign students, manual accounting, sometimes constrained by costs.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah: (1) sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan; (2) sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan solusi pada faktor penghambat yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah mengelola dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan evaluasi; (2) peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah memantau, menjadi perantara guru dan siswa, mendisiplinkan, memotivasi, membuat inovasi, penghubung dengan pihak luar, membimbing siswa secara berkelanjutan, membina dan meningkatkan kemampuan guru, dan membuat keputusan; dan (3) faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah banyaknya relasi, dukungan yayasan, berbasis pondok pesantren dan bernuansa semi modern, siswa bebas memilih, memfasilitasi guru; sedangkan faktor penghambat adalah berbenturan sistem dengan dinas, sering pergantian guru, kebijakan sertifikasi, kesadaran warga sekolah yang kurang, sulitnya penerapan digital learning, koordinator tim tidak selalu ada, data siswa luar negeri, menghitung keuangan secara manual, terkadang terkendala biaya.


Keywords


the role of the principal; education quality; peran kepala sekolah; mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bafadal, I., Juharyanto, Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2018). Principal Leadership and its Relationship with Student Learning Achievements: A Regression Analysis. Paper presented at The 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Universitas Negeri Malang, Malang, (pp. 156-158). Atlantis Press.

Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Penerbit UM Press.

Bolivar, A. & Moreno, J. M. (2006). Between Transaction and Transformation: The Role of School Principals as Education Leaders in Spain. Journal of Educational Change, 7(2), 19-31.

Damayanti. S. (2013). Efektivitas Peran dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 1(2), 1-17.

Danim, S. (2012). Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Jenius IQ + EQ) Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I. (2018). Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Pengantar. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Hadi, L. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Donorojo. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 10(2), 44-54.

Kempa, R. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Studi tentang Hubungan Perilaku Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Manajemen Konflik, Daya Tahan Stres Kerja dengan Kinerja Guru. Yogyakarta: Ombak.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2016). Principal Empowerment Through Soft System Methodology Approach. Paper presented at The International Conferences on Education and Training, 2nd ICET, Universitas Negeri Malang, Malang (pp. 205-211).

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2017). Problematika Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 139-150.

Mistrianingsih, S. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Manajemen Pendidikan, 25(1), 103-111.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustiningsih. (2013). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Mutiara, C. A. H. (2017). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 5(1), 1-9.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah (Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nawawi, H. (2008). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Modal dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. (2018). Analisis Interaksi Simbolik Kyai dan Santri dalam Perspektif Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 185-191.

Pradhani, M. W. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Bersertifikat Pendidik. Manajemen Pendidikan, 25(1), 18-29.

Purbayatri, S. (2009). Kepala Sekolah sebagai Leader dan Manajer. (Online), (https://suaraguru.wordpress.com/2009/02/13/kepala-sekolah-sebagai-leader-dan-manajer/), diakses 9 Mei 2019.

Rahayu, P. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Variasi Pembelajaran Kooperatif. Manajemen Pendidikan, 24(3), 235-241.

Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajamen Mutu Terpadu Studi Kasus di SDUT Bumi Kartini Jepara. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 199-216.

Rosyadi, Y. I. (2015.) Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124-133.

Sagala, S. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan). Yogyakarta: IRCiSoD.

Sobri, A. Y., Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2018). Development of Mentoring Modules Based on Self-Reflection for Beginner Principal. Paper presented at The 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Universitas Negeri Malang, Malang (pp. 133-139). Atlantis Press.

Soetopo, H. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sudradjat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Implementasi KBK. Bandung: Cipta Lekas Grafika.

Usman, H. (2012). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widdah, M, E. Suryana, A., & Musyaddad, K. (2012). Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Zulkarnain, W. (2013). Dinamika Kelompok (Latihan Kepemimpinan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Elok Kharismawati



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats