Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar

Fitni Fitni, Yenita Roza, Maimunah Maimunah

Abstract


Abstract: Mistakes made by students in working on math problems seen from the pattern of students when completing the questions given. The purpose of this study is to look at junior high school student’s mistakes in working on math problems based on Newman’s error analysis of statistical material in terms of student learning styles. The subject of this study were 25 students of class IX at SMPN 1 Mandau in Bengkalis Regency. Research data were collected using written tests and questionnaires to determine student learning styles. The method used in this research is descriptive qualitative. The results of the study were analyzed based on Newman’s error analysis with indicators of errors in reading, errors in understanding problems, errors in transformation, errors in process skills, and writing answers. Student learning styles are group into divergent, convergent, assimilation and accommodation. Errors in transformation generally made to students with divergent, convergent, and accommodation learning styles. Students with an assimilation learning style make more mistakes in process skills. The error is divide into several errors ranging from inappropriate in giving answers to those who do not provide the answer.

 

Abstrak: Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika terlihat dari pola siswa saat menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kesalahan siswa SMP dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan analisis kesalahan Newman pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar siswa. Subjek penelitian ini 25 siswa kelas IX di SMPN 1 Mandau di Kabupaten Bengkalis. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis dan angket untuk mengetahui gaya belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan analisis kesalahan Newman dengan indikator kesalahan dalam membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Gaya belajar siswa dikelompokkan menjadi gaya belajar divergen, konvergen, asimilasi dan akomodasi. Kesalahan dalam transformasi lebih banyak dilakukan oleh siswa dengan gaya belajar divergen, konvergen, dan akomodasi. Siswa dengan gaya belajar asimilasi lebih banyak melakukan kesalahan pada keterampilan proses. Kesalahan tersebut terbagi dalam beberapa kesalahan mulai dari yang kurang tepat dalam memberikan jawaban sampai dengan yang tidak memberikan jawaban.


Keywords


newman error analysis; statistics; learning style; analisis kesalahan newman; statistika; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. EDUPEDIA, 3(1), 17-31.

Delfita, O., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Media Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.

Depdikbud. (2016). Permendikbud No 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal statistika penelitian pendidikan ditinjau dari prosedur Newman. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83-96.

Hakima, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Tipe Kolb pada Materi Bilangan Bulat. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10.

Haryati, T. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165-190.

Lasarus, M. (2015). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 1033-1045.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan dalam Materi Statistika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173-179.

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dengan fong’s shcematic model for error analysis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).

Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 1-8.

Riau, B. E. S., & Junaedi, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 166-177.

Rofiqoh, Z. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas x dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671-681.

Sudiono, E. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan analisis newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3),295-301.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12020p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yenita Roza



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats