Pengaruh Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD melalui Permainan Werewolf dengan Penguatan Karakter Demokratis

Eka Suci Ramadhani, Yuniawatika Yuniawatika, Suhel Madyono

Abstract


Abstract: One that has an important role in the process of learning activities, namely speaking skills. For this reason, students’ speaking skills need to be developed from an early age. The purpose of this study was to determine the effect of the fifth grade students’ speaking skills at SDN Kepanjenlor 2 Blitar City after being given treatment using the Werewolf game accompanied by strengthening democratic characters. The method used in this study is a quasi-experimental design with a non-equivalent control group. The subjects of this study were class VA at SDN Kepanjenlor 2 Blitar City as an experimental class and class VB at SDN Kepanjenlor 2 Blitar City as a control class. Data collection techniques used are performance tests, observations, interviews, and documentation. The results showed that given the Werewolf game treatment with the strengthening of democratic characters, it affected the speaking skills of fifth grade elementary school students. For this reason, if you want to improve students’ speaking skills, the Werewolf game can be used as an alternative in learning activities.

 

Abstrak: Salah satu yang memiliki peran penting dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu keterampilan dalam berbicara. Untuk itu keterampilan berbicara siswa perlu terus dikembangkan sejak dini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan permainan Werewolf disertai penguatan karakter demokratis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalen control group. Subjek penelitian ini adalah kelas V-A SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan performance test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diberikan perlakuan permainan Werewolf dengan penguatan karakter demokratis berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Untuk itu, jika ingin meningkatkan keterampilan berbicara siswa maka permainan Werewolf dapat dijadikan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


werewolf games; speaking skills; democratic character; permainan werewolf; keterampilan berbicara; karakter demokratis

Full Text:

PDF

References


Afifi, F., Sabdaningtyas, L., & Akhyar, F. (2017). Pengaruh Model Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pedagogi, 6(3).

Alfin, J. (2014). Analisis karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar.

Anggraeni, A. D., & Paksi, H. P. (2019). Pengembangan Media Permainan Werewolf untuk Mengenalkan Keragaman Sosial Budaya Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Pacar Keling V Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6).

Hartati, S. C. Y., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2013). Permainan Kecil (cara efektif mengembangkan fisik, motorik keterampilan sosial dan emosional). Malang: Wineka Media.

Hirata, Y., Inaba, M., Takahashi, K., Toriumi, F., Osawa, H., Katagami, D., & Shinoda, K. (2016). Werewolf game modeling using action probabilities based on play log analysis. International Conference on Computers and Games, 103–114. Springer.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara terpadu Dilingkungan Keluarga, sekolah, Perguruan Tinggi. (Skripsi Tidak Dipublikasikan) IAIN Batusangkar, Batusangkar, Indonesia.

Kusmaedi, N. (2016). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Bebentengan terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 1(1), 29–33.

Lamajau, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Online, 5(1).

Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV melalui Penerapan Strategi Role Playing SDN Ploso 1 Pacitan. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 112–117.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Formal. Jakarta.

Mohamad, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Musyawir, M., & Mangesa, R. (2019). Pengaruh Model Active Learning Teknik Jigsaw terhadap Keterampilan Berbicara Efektif Siswa Kelas VII SMP/MTs Se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 126-133.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147–159.

Sari, E. A. P. (2018). Pengaruh Media Bola Ekspresi melalui Permainan Werewolf terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Mempertunjukkan Salah Satu Tokoh. BAPALA, 5(2).

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar”, Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI.

Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18.

Syafitri, A., Yundayani, A., & Kusumajati, W. K. (2019). Hubungan antara Kepercayaan Diri Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Wardana, I. K. N., Putra, I. K. A., & Asri, I. G. A. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD GUGUS II Kecamatan Karangasem. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Xiong, S., Mao, X., Li, W., & Iida, H. (2017). Finding Comfortable Settings of Mafia Game using Game Refinement Measurement. 情報処理学会研究報告 (Web), 2017(GI-38).

Yuniawatika, Y. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar: Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus(1), 105-119.

Zulkifli, A. A., & Fatimah, S. (2019). Using Werewolf Game to Teach Speaking to Senior High School Students. Journal of English Language Teaching, 8(1), 61–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i12021p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuniawatika



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats