Peran Kader Aliansi Pita Putih Indonesia dalam Pemberdayaan Kesehatan Ibu dan Bayi (Studi Kasus Gerakan Sayang Ibu Desa Pait Kasembon Malang)

Hidayatul Mashfiyah, Endang Sri Redjeki, M. Ishom

Abstract


Abstract: This The aim of this research is to know how the role of APPI cadre is in their effort to empower mothers and baby’s health. This research uses qualitative approach with research type of a case study. Data collection technique in this research includes observation, interview, and documentation. To keep data valid, credibility test with observation advanced and data triangulation is conducted. Data analysis started from data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of this research are that APPI cadre role in their efforts to empower people to the KIBBLa program as follow: instructor or informant, motivator, training tutor and as resource linker. 

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran kader APPI dalam upaya pemberdayaan kesehatan ibu dan bayi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan uji credibility. Analisis data dimulai dari reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kader (APPI) dalam pemberdayaan masyarakat pada program KIBBLa adalah: penyuluh atau informan, motivator, tutor, dan penghubung sumber (resource linker).


Keywords


APPI cadre role; the empowerment of mothers and baby’s health; peran kader APPI; pemberdayaan kesehatan ibu dan bayi

Full Text:

PDF

References


Aliansi Pita Putih Indonesia & Pusat Promkes Kementerian Kesehatan. 2011. Program Keselamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBLA). Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Faisal, S. 2007. Pendidikan Luar Sekolah Tugas Mulia Mengisi Pembangunan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal, Departemen Pendidikan Nasional.

Hikmat, H. 2006. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Kamil. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Moedzakir, D. M. 2010. Metode Pembelajaran untuk Program-program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: UM Press.

Wrihatnolo, R. R., & Dwidjowijoto, N. R. 2007. Manajemen Pemberdayaan (Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rasyad, B., & Suparna. 2003. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Malang: UM Press.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sihombing, U. 2000. Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strategi. Tanpa Kota: PD Mahkota.

Sistiarani, C., Nurhayati, S., & Suratman. 2013. Faktor yang Mempengaruhi Peran Kader dalam Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2): 77-84.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Slamet, M. 1992. Perspektif Ilmu Penyuluhan Pembangunan Menyongsong Era Tinggal Landas. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats