Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa

Luqman Luqman

Abstract


Abstract: The purpose of this study are: (1) to describe the application of the instructional model of project citizen to improve the ability of critical and creative thinking; (2) to know the improvement of critical thinking ability by applying the instructional model of project citizen; and (3) to know the improvement of creative thinking ability by applying the instructional model of project citizen. This study uses a classroom action research design (PTK). The subjects of the study were 5th grade students of SD Negeri Sabilillah Malang. The research data were obtained from: observation of teacher activity; observation of student activities; and analysis of student learning outcomes. The results concluded that the application of the instructional model of project citizen can improve critical thinking skills and creative, which is done through six steps, namely: identify problems; choose a problem; collect information; developing portfolio; presents portfolio; and reflection on the learning experience. Application of the instructional model of project citizen can improve critical thinking skill, that is Cycle I equal to 74.3 to 83.9 in Cycle II. In addition, the application of the instructional model of project citizen can also improve the skills of creative thinking, which is Cycle I of 70.8 to 75.6 in Cycle II.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project citizen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif; (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan model pembelajaran project citizen; dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan menerapkan model pembelajaran project citizen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas 5 SD Negeri Sabilillah Malang. Data penelitian diperoleh dari: pengamatan kegiatan guru; pengamatan kegiatan siswa; dan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project citizen dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, yang dilakukan melalui enam langkah, yaitu: mengidentifikasi masalah; memilih masalah; mengumpulkan informasi; mengembangkan portofolio; menyajikan portofolio; dan refleksi pada pengalaman belajar. Penerapan model pembelajaran project citizen dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, yaitu Siklus I sebesar 74,3 menjadi 83,9 pada Siklus II. Selain itu, penerapan model pembelajaran project citizen juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, yaitu Siklus I sebesar 70,8 menjadi 75,6 pada Siklus II. 


Keywords


the instructional model of project citizen; creative thinking; critical thinking; model pembelajaran project citizen; berpikir kreatif; berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2009. Model-model Pembelajaran Terpadu Pendidikan Kewarganegaraan SD: Pengembangan Nilai dan Karakter Berorientasi Teori Komprehensif. Malang: UM Press.

Amri, S. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas: Metode, Landasan Teori Praktis dan Penerapannya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Aryani, F. 2008. Kreativitas dalam Pembelajaran. Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan, 3(2), 1-10.

Baisa, I. R. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Web terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SD Islam Sabilillah Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Budimansyah, D. 2009. Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPs UPI.

Fajar, A. 2002. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I., Suraya, S. N., dan Tryanasari, D. 2014. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Konsep Sains II. Premiere Educandum, 4(1), 1-32.

Harsanto, R. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hodijah, E. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Project Citizen terhadap Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Siswa SMA dalam Materi Pemahaman Persamaan Gender. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs UPI.

Jayadiputra, E. 2010. Pengaruh Implementasi Model Project Citizen dalam Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Demokrasi. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs UPI.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Kemmis, S., dan Taggart, R. M. 1990. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Mulyana, T. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Bandung: UPI.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Murti, B. 2012. Berpikir Kritis (Critical Thinking) - Seri Kuliah Blok Budaya Ilmiah, (Online), (www.fk.uns.ac.id/static/file/criticalthinking.pdf), diakses 9 Juni 2012.

Rofi’uddin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa dan Seni. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 28(1), 72-94.

Slavin, R. E. 2008. Educational Psycology: Theory and Practice. Terjemahan oleh Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks.

Suharnan. 2011. Kreativitas: Teori dan Pengembangan. Surabaya: Penerbit Laras.

Sumanto. 2011. Modul Pengembangan Media Pembelajaran SD. Malang: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 15, Universitas Negeri Malang, Kementerian Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats