Pengembangan Model Permainan Tradisional Geprek Kempung dan Gobag Sodor untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Mohammad Toha

Abstract


Abstract: The subjects of Social Science (IPS) close to the environment. Therefore, IPS learning, especially at the elementary level (SD), should optimally utilize the potential of the environment as a source of learning, so that learning becomes more meaningful. The general objective of this research is to produce an effective and innovative model of IPS SD learning model by utilizing existing learning resources in the traditional game-based environment. The specific purpose of this research is to produce the product of the traditional game model of geprek kempung and gobag sodor for IPS class IV learning material of Developing Production Technology and Communication, which is equipped with lesson plan (RPP), guidebook and media of both games. This research and development adopts Borg and Gall modified theories into five stages: (1) preliminary study; (2) developing the initial product; (3) expert validation and revision; (4) small-scale field trials and product revisions; and (5) large-scale field trials and final product revisions. To measure the effectiveness of the product used data collection instruments in the form of questionnaire assessment and test results learning. The results showed that the traditional game model geprek kempung and gobag sodor effectively implemented in learning learning.

Abstrak: Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dekat dengan lingkungan. Oleh karena itu, pembelajaran IPS khususnya di tingkat sekolah dasar (SD), harus memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan sebagai sumber belajar, agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan umum penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk model pembelajaran IPS SD yang efektif dan inovatif dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar berbasis permainan tradisional. Tujuan khusus penelitian ini menghasilkan produk berupa model permainan tradisional geprek kempung dan gobag sodor untuk pembelajaran IPS kelas IV materi Perkembangan Teknologi Produksi dan Komunikasi, yang dilengkapi dengan RPP, buku panduan dan media kedua permainan tersebut. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi teori Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahapan, yakni: (1) studi pendahuluan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil serta revisi produk; dan (5) uji coba lapangan skala besar dan revisi produk akhir. Untuk mengukur efektifitas produk digunakan instrumen pengumpulan data berupa angket penilaian dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan tradisional geprek kempung dan gobag sodor efektif dilaksanakan dalam pembelajaran pembelajaran.


Keywords


learning model; traditional game; geprek kempung; gobag sodor; social science; model pembelajaran; permainan tradisional; geprek kempung; gobag sodor; IPS

Full Text:

PDF

References


Brog, W. R., dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.

Effendi, A. 2011. Implementasi Kearifan Lingkungan dalam Budaya Masyarakat Adat Kampung Kuta sebagai Sumber Pembelajaran IPS: Studi Etnografi pada Masyarakat Adat Kampung Kuta dan Kajian PTK di SMP Negeri 1 Tambaksari Kabupaten Ciamis. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gunawan, I. 2012. Mengembangkan Karakter Bangsa Berdasarkan Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Meretas Sekolah Humanis untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas dan Berkarakter, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 6 Mei, hlm. 67 s.d. 79.

Gunawan, I. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(1), 59-81.

Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 55-64.

Gunawan, I., dan Sulistyoningrum, R. T. 2013. Menggali Nilai-nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Matapelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 3(1), 50-87.

Gunawan, I., Suraya, S. N., dan Tryanasari, D. 2014. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Konsep Sains II. Premiere Educandum, 4(1), 1-32.

Hadi, N. 1997. Pemanfaatan Sumber Belajar oleh Guru dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar dalam Pengajaran Pendidikan IPS (Studi Kasus di Kelas III SDN Kauman I dan SDN Kauman II Kotamadia Malang-Jawa Timur). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: PIPS SPs UPI.

Hidayatullah, M. F. 2008. Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta: UNS Press.

Ibrahim, A., dan Sukmadinata, N. S. 2010 Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 19(2), 189-203.

Pargito. 2000. Pembelajaran IPS dengan Model Pengalaman Belajar di SD Daerah Pedesaan Tertinggal (IDT). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: PIPS SPs UPI.

Rosmalah. 2003. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.

Samion, A. R. 2002. Pengembangan Kreativitas Mengajar Guru dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PIPS SPs UPI.

Tukidjan, E. 2002. Strategi Penyampaian Isi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Taman Muda (Sekolah Dasar) Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats