Keterlibatan Peserta Pada Proses Pelaksanaan Pelatihan Subkejuruan Mobil Diesel di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) Singosari Malang

Reskie Wulan Sari, S. Mundzir

Abstract


Abstract: The involvement of learner in the training program of mobil diesel is one of factor that will determine the successful of that program. The objective of this research is to know the forms of participant involvement, quality of participant involvement, and factors that influence participant involvement in the training implementation process. This research uses qualitative approach with research type of case study. Data collection conducted by observation, interview, and documentation method. From the research result, it is known that: (1) forms of participant involvement only limited to the learning process; (2) participant involvement divided into active and passive involvement because not all of participant that active in the training; and (3) factor that influence participant involvement is intrinsic and extrinsic factor.

Abstrak: Keterlibatan peserta didik dalam program pelatihan mobil diesel merupakan salah satu faktor yang akan menentukan keberhasilan program tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui bentuk-bentuk keterlibatan peserta, kualitas keterlibatan peserta, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan peserta pada proses pelaksanaan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui: (1) bentuk-bentuk keterlibatan peserta hanya terbatas pada proses pembelajaran; (2) keterlibatan peserta dibedakan menjadi keterlibatan aktif dan keterlibatan pasif karena tidak semua peserta giat dalam pelatihan; dan (3) faktor yang mempengaruhi keterlibatan peserta yaitu faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik.


Keywords


involvement; training participant; keterlibatan; peserta pelatihan

Full Text:

PDF

References


Moedzakir, D. 2010. Desain dan Model Penelitian Kualitatif (Biografi, Fenomenologi, Teori Grounded, Etnografi, dan Studi Kasus). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Fauzi, I. K. A. 2011. Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Fitria, L. 2013. Pelaksanaan Pendidikan & Pelatihan (DIKLAT) Pengelola Rumah Pintar (RUMPIN) (Studi Kasus pada Seksi Fasilitasi Sumber Daya BP-PAUDNI Regional II Surabaya). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal. Bandung: Rosdakarya.

Riwu, R. 2007. Partisipasi Kaum Ibu dalam Kegiatan Pendidikan Bina Keluarga Balita (BKB). Jurnal Pendidikan Nonformal, 1(1): 45-55.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah; Skripsi, Tesis, Desertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yudhawati, R., & Haryanto, D. 2011. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats